nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Buru-Buru Diganti, Ini Cara Mengatasi Kaca Mobil Retak

Inews, Jurnalis · Senin 26 November 2018 08:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 25 15 1982472 jangan-buru-buru-diganti-ini-cara-mengatasi-kaca-mobil-retak-IViBskb1CK.jpg (Foto: Confused)

JAKARTA - Salah satu masalah yang pernah dialami sebagian pemilik kendaraan adalah kaca mobil retak akibat terkena benturan. Disarankan jangan buru-buru diganti karena harga kaca sangat mahal.

Jhenny, salah salah seorang spesialis reparasi kaca retak dari Yoong Motor mengatakan, kaca retak bisa diperbaiki dengan teknik suntik kaca.

"Kaca retak yang maksimal retakannya sebesar uang koin pecahan, itu masih bisa dibantu repair. Istilahnya kita sebut suntik kaca atau las kaca retak," ujarnya kepada iNews.id, baru-baru ini.

Mekanisme pengerjaannya pertama-tama kaca yang retak dibersihkan terlebih dahulu dari sisa-sisa debu atau buliran pasir dan tanah yang masih menempel. Setelah itu, bagian kaca retak disuntikkan cairan khusus yang diklaim mampu merekatkan kembali bagian kaca yang telah retak.

 

"Kami suntik atau istilahnya las dengan memasukkan cairan khusus ke dalam kaca. Cairan ini akan mengikat bagian yang retak. Tujuannya agar tidak menyebabkan retakan yang panjang," kata Jhenny.

Usai proses penyuntikan yang memakan waktu sekitar dua jam, Jhenny menyebutkan retakan akan mengecil menjadi hanya seukuran titik kecil yang samar terlihat mata.

"Suntik kaca retak ini tak hanya untuk kaca mobil, bisa untuk semua jenis kaca. Termasuk lampu motor," ujarnya.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini