nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pasang Busi Motor Juga Ada Caranya Lho!

Mufrod, Jurnalis · Minggu 09 Desember 2018 12:25 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 07 15 1988361 pasang-busi-motor-juga-ada-caranya-lho-v4C1kAtuxE.jpg Busi sepeda motor (Foto: Ist)

JAKARTA - Perangkat busi terkadang sering diabaikan pemilik sepeda motor, jika belum terjadi masalah maka perangkat ini tidak diganti sesuai aturan. Karena menjadi perangkat yang jarang diganti, banyak pemilik motor justru menganggap sepele cara pemasangan busi.

Untuk memasang busi meski terlihat mudah layaknya memasang baut, namun perlu diperhatikan saat memasang busi, karena jika salah akan merusak ulir drat yang berdampak pada posisi busi tidak center bahkan bisa sedikit miring.

 

"Waktu memasangnya, tidak usah kencang-kencang seperti memasang baut pada kendaraan. Busi ini kecil dan kekencangannya beda dengan baut," ujar Technical Support PT NGK Busi Indonesia, Diko Oktaviano, di Jakarta beberapa waktu lalu.

Saat memasang busi langkah pertama baiknya menggunakan tangan dengan cara memutar sesuai alur yang ada. Untuk mengencangkannya bisa menggunakan kunci khusus busi untuk mempermudah pemasangan sedikit lebih kencang.

Lebih lanjut Diko menambahkan, meski mudah mengencangkan baut ada rumusnya. Jika baut tersebut punya torsi, biasanya akan terdengar bunyi 'tok' saat sudah posisi mentok.

 

Perlu diperhatikan pula pemasangan busi baru dengan lama pada dasarnya memiliki perbedaan, dimana biasanya untuk busi baru pemasangannya tidak perlu sampai mentok dibanding busi lama yang biasanya habis dibersihkan kemudian dipasang kembali.

Jika memasang busi hingga mentok, maka akan berisiko ujung kepala busi bisa patah dan tertinggal di dalam mesin. Satu-satu jalan untuk mengambil patahan tersebut harus bongkar mesin sepeda motor.

"Memasang busi jika dipaksa mentok bisa mematahkan ujung busi yang berdampak harus membelah mesin untuk mengambil patahannya," pungkas Diko.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini