nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Keunggulan SUV yang Masih Jadi Andalan Kaum Urban

Mufrod, Jurnalis · Rabu 12 Desember 2018 16:28 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 12 15 1990320 5-keunggulan-suv-yang-masih-jadi-andalan-kaum-urban-A0pnkXcfF5.jpeg Chevrolet Captiva (foto: Ist)

JAKARTA - Hiruk pikuk kemacetan ibukota yang telah melekat bagi kaum urban yang bekerja di Jakarta tentu menjadi momok yang cukup berat setiap harinya. Bejibaku dengan padatnya lalulintas tentu harus didukung dengan kendaraan yang lincah dan tangguh.

Salah satu alasan tersebut yang membuat, mobil SUV saat ini masih berpeluang besar menjadi pasar yang cukup besar meski diatas kertas posisi penjualannya masih dibawah model kendaraan multi purpose vehicle (MPV).

 

Berdasarkan data Gaikindo dari awal tahun, pasar SUV telah menjadi model yang cukup banyak dipilih konsumen. Mitsubishi Pajero sport sendiri terjual 7.353 unit yang disusul dengan Toyota Fortuner sebanyak 6.383 unit dan Honda CR-V 3.976 unit periode Januari-April.

Dengan angka penjualan tersebut, peluang pasar mobil SUV terlihat masih cukup besar. Pilihan model ini sendiri tak lepas dari kemampuan mobil SUV yang dinilai banyak konsumen mampu bermanuver melibas segala medan.

 

Hadirnya model SUV saat ini selain dibekali teknologi terkini, kapasitas penumpang juga disesuaikan untuk kebutuhan pasar di Indonesia.

Pilihan mobil jenis SUV selain telah mengakomodir kebutuhan penumpang. Ketangguhan serta kelincahannya di berbagai medan juga menjadi salah satu faktor konsumen lebih memilih mobil jenis SUV dibanding MPV. Bahkan dengan kelincahannya, SUV banyak digunakan sebagai mobilitas di perkotaan.

 

Berikut lima keunggulan kendaraan jenis SUV bagi kaum urban

1. Kenyamanan Membawa Penumpang

Memiliki genetika sebagai mobil yang dikembangkan handal disegala medan, kendaraan jenis ini meski memiliki kapasitas penumpang yang memadai, soal kenyamanan tak perlu diragukan. Salah satunya perangkat suspensi yang memiliki karakter sedikit lebih keras sehingga dalam kapasitas penuh dan menghadapi medan sulit masih terakomodir dengan baik.

2. Tetap Efisien Meski Membawa Barang Banyak

Teknologi yang saat banyak dimiliki produsen mobil, mampu mematahkan pandangan mobil SUV yang dikenal boros. Meski kini mengusung mesin kompak, untuk menekan konsumsi bahan bakar menjadi efisien. Banyak produsen yang menggunakan perangkat turbo untuk menyokong tenaga yang lebih gahar. Langkah itu yang dilakukan Honda untuk model CR-V terbarunya.

Ruang baris ketiga pada model SUV terbaru saat ini juga bisa difungsikan menjadi bagasi yang jauh lebih luas. Sehingga mampu membawa kargo yang lebih banyak.

3. Mesin berkubikasi Compact

Teknologi mesin kapasitas kecil yang menjadi acuan banyak produsen untuk meningkatkan konsumsi bahan bakar, kini sudah menjadi trend. Terlebih masalah tenaga yang kurang besar dalam penggunaan mesin dengan kubikasi mesin kecil, telah tersolusikan dengan penggunaan perangkat turbo.

Teknologi inilah yang kini mematahkan anggapan mobil SUV boros seperti model beberapa tahun lalu dimana banyak produsen membekali produk SUV-nya dengan mesin kapasitas besar.

4. Kemampuan SUV di segala medan

Ketangguhan SUV sebagai mobil segala medan menjadi salah satu banyak alasan konsumen memilih mobil ini. Model SUV sendiri dikembangkan memang khusus untuk mengakomodir kebutuhan konsumen terhadap mobil yang tangguh baik di aspal maupun medan off road ringan.

5. Desain SUV kekar

Banyak desainer yang mengarahkan mobil SUV ke bentuk tampilan yang gahar dan kekar. Hal ini disesuaikan dengan kemampuan dari genetika mobil SUV yang sanggup melibas segala medan. Dengan tampilan yang gahar dan kekar ini, tentunya bisa membuat pengemudi SUV tampil percaya diri saat berada dibalik kemudi.

 

Di pasar automotif nasional, saat ini hampir seluruh produsen ramai meluncurkan mobil jenis SUV, terlebih dikelas premium yang saat ini diisi oleh Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Fortuner, Honda CR-V sampai dengan Chevrolet Trailblazer. Untuk kelas tengah Toyota Rush, Daihatsu Terios generasi terbaru juga tengah naik daun penjualannya.

Tak hanya produsen Jepang, Wuling yang notabene pendatang baru di pasar otomotif nasional juga tergiur dengan pasar SUV di Tanah Air. Rencananya model SUV yang di negara asalnya diberi nama Baojun 530 akan diluncurkan tahun depan.

 

Diolah dari data penjualan yang dirilis oleh General Motors China, penjualan SUV mereka khusus model Baojun pada Januari 2018 saja mengalami peningkatan 36 persen, sebanyak 92,356 unit. Sementara wholesale Baojun 530 pada periode Februari-Agustus 2018 mencapai 86,421 unit.

Sebagai pemain baru di kelas SUV kompak di pasar Cina, prestasi Baojun 530 selama delapan bulan pertama cukup menjanjikan. Dari data yang dirilis focus2move, Baojun 530 dengan torehan penjualan Februari - September 2018 membukukan angka sebanyak 95.315 unit.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini