nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hanya Ganti 2 Ban Baru Jangan Pasang di Depan, Ini Penjelasannya

Mufrod, Jurnalis · Minggu 16 Desember 2018 07:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 15 15 1991634 hanya-ganti-2-ban-baru-jangan-pasang-di-depan-ini-penjelasannya-NVw85vIdUk.jpg Penggantian ban mobil (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemilik mobil terkadang sering melakukan penggantian ban mobil tidak menyeluruh, harga yang cukup menguras kantong membuat beberapa pemilik mobil hanya mengganti dua ban saja. Lantas pada posisi mana dua ban tersebut idealnya ditempatkan.

Anggapan salah, banyak pemilik mobil memposisikan ban baru ditempatkan untuk bagian depan, karena dianggap bisa memberikan pengendalian maksimal karena kondisi tapak masih bagus.

 

Asumsi lain juga muncul, penempatan dua ban baru disesuaikan dengan sistem penggerak roda. Jika penggerak roda depan maka tempatkan di depan, jika belakang maka ditempatkan di belakang, agar traksi yang dihasilkan maksimal.

Namun anggapan dua hal tersebut tidaklah benar. Menurut Zulpata Zainal dari PT Gajah Tunggal mengungkap bahwa idealnya ban baru ditempatkan di bagian belakang jangan dibagian depan.

 

"Dua ban baru yang memiliki grip lebih bagus baiknya diposisikan bagian belakang, kalo ban depan masih bisa dikendalikan menggunakan stir," ujarnya.

Ban belakang pada dasarnya tidak bisa dikendalikan oleh pengemudi, sehingga membutuhkan grip yang lebih maksimal. Sehingga saat masuk tikungan atau keluar dari tikungan ban bisa memberikan traksi maksimal sehingga tidak terjadi under ataupun over stir.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini