nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menghitung Konsumsi BBM saat Mobil Lintasi Tol Jakarta-Surabaya

Mufrod, Jurnalis · Kamis 20 Desember 2018 12:53 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 20 15 1993851 menghitung-konsumsi-bbm-saat-mobil-lintasi-tol-jakarta-surabaya-ueVZfTkTy7.jpg Ilustrasi jalan tol Jawa (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah kini telah resmi membuka akses jalan tol yang menghubungkan antara Jakarta-Surabaya sejauh 741. Untuk menempuh jarak tersebut, penting diketahui konsumsi bahan bakar mobil agar tak menjadi kendala saat melakukan perjalanan jauh dan kehabisan bbm di tengah tol.

Jika melakukan perjalanan menggunakan mobil jenis multi purpose vehicel yang memiliki kapasitas mesin rata-rata 1.5 liter, dan pabrikan mengklaim konsumsi bahan bakar mencapai 12 -15 kilometer per liter untuk kondisi jalan luar kota.

Maka asumsinya, untuk melakukan perjalanan dari Jakarta hingga Surabaya dengan jarak tempuh 741 kilometer dibutuhkan bahan bakar sekira 61 liter. Total bahan bakar tersebut dihitung jika average konsumsi bahan bakar 1 liter mampu mencapai jarak 12 kilometer.

 

Dengan jumlah konsumsi bahan bakar tersebut, maka pengemudi harus melakukan dua kali pengisian bahan bakar. Pengisian dua kali tersebut dihitung menggunakan mobil jenis Toyota Avanza yang memiliki kapasitas tangki bahan bakar mencapai 45 liter.

Jika mobil menggunakan bahan bakar dengan ron 90 jenis pertalite yang memiliki harga per liter Rp7.800 maka dibutuhkan biaya mencapai Rp475.800.

Penghitungan konsumsi bahan bakar tersebut, merupakan perkiraan, dan tidak dalam kondisi macet dan kapasitas penumpang dan barang bawaan yang tentu akan berdampak pada konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi.

 

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini