nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Korlantas Nilai Kendaraan Bermotor Paling Rentan Terjadi Kecelakaan

Mufrod, Jurnalis · Senin 24 Desember 2018 19:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 24 15 1995464 korlantas-nilai-kendaraan-bermotor-paling-rentan-terjadi-kecelakaan-QnDAJKfSze.jpg Ilustrasi pengendara sepeda motor (foto: Okezone)

JAKARTA - Pengendara sepeda motor di jalan raya hingga saat ini dinilai masih memiliki risiko tinggi terhadap terjadinya kecelakaan di jalan raya. Bahkan berdasarkan data, paling tinggi angka kecelakaan pengendara sepeda motor dibanding kendaraan lain.

Bahkan aktifitas pengguna sepeda motor saat ini cukup tinggi, sebagai salah satu maraknya pengendara ojek online yang lebih banyak berada di jalan raya. Karenanya dengan banyaknya pengendara ojek online seharusnya menjadi pelopor keselamatan di jalan raya.

 

"Jalan raya yang digunakan sebagai lalu lintas ini merupakan urat nadi kehidupan, karena suatu masyarakat dapat hidup tumbuh dan berkembang jika ada produktifitas," ujar Direktur Keamanan dan Keselamatan Korlantas Polri, Brigjen. Pol. Dr. Chryshnanda Dwilaksana, M.Si, di Jakarta.

Dirinya menambahkan kalau produktifitas dihasilkan dari aktifitas yang dilakukan melalui atau dengan berlalu lintas. Sejalan dengan hal tersebut maka lalu libtas harus aman selamat tertib dan lancar.

"Lalu lintas untuk aman, selamat, tertib dan lancar tentu tidak bisa dibiarkan semau-maunya. Tidak lagi boleh yang kuat mendominasi atau memonopoli. Azas kebersamaan, azas persamaan hak, azas keterbukaan, azas keadilan hingga kemanusiaan tidak boleh diabaikan," ujarnya.

 

Tatkala sistem angkutan umum belum dapat dikatakan representatif dan memenuhi kebutuhan pergerakan warga maka ojek boleh dikatakan sebagai diskresi, kebijaksanaan atau cara mudahnya boleh tetapi memenuhi kewajiban.

Pemenuhan kewajiban ini bukan beban melainkan suatu bentuk akuntabilitas baik kepada bangsa negara, warga masyarakat kepada institusi yang menaungi maupun sebagai pribadi.

Pemenuhan kewajiban bagai ojol ini sebenarnya dapat dijadikan ikon peradaban kita untuk ikon era digital yang sadar. Bahwa lalu lintas sebagai urat nadi kehidupan. Dimana ojol mampu menjadi ikon pelopor road safety.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini