nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mobil Terendam Air Laut Harus Kuras Oli

Mufrod, Jurnalis · Kamis 27 Desember 2018 07:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 26 15 1996257 mobil-terendam-air-laut-harus-kuras-oli-5pLK5FlHOr.jpg Ilustrasi ganti oli (foto: Ist)

JAKARTA - Mobil yang telah terendam air laut khususnya saat bencana Tsunami terjadi harus dilakukan pembersihan dengan cara menguras tangki oli secar tuntas. Jika tidak akan terjadi kerusakan pada sektor mesin.

Air yang masuk dan bercampur dengan oli, akan tersalurkan ke ruang mesin dan bisa menyebabkan kinerja pelumasan mesin terganggu. Dalam beberapa waktu air yang terdapat dalam mesin akan membuat komponen rusak akibat korosi maupun tak mendapat pelumasan secara maksimal.

Sementara itu, Krissanto Ariyudhi, Assistant Manager Sparepart Division TOP 1 Indonesia menjelaskan, kerusakan mesin bisa bertambah parah jika oli yang sudah tercampur air tidak langsung diganti.

 

"Bisa turun mesin kalau mereka tidak langsung ganti oli. Tapi kalau habis nerabas banjir dan langsung ganti oli kemungkinan turun mesin bisa diminimalisir," ujarnya.

Selain itu, lanjut Krissanto, kebanyakan orang hanya fokus ganti mesin saja, padahal banyak bagian lain yang terkena air seperti girboks/persneling maupun gardan.

 

"Jadi selain ganti oli mesin sebaiknya ganti juga oli persneling dan oli gardan. Satu set itu tidak bisa dihindari." tuntasnya.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini