nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perhatikan Risiko Mengemudi di Malam Tahun Baru

Mufrod, Jurnalis · Senin 31 Desember 2018 14:29 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 31 15 1998155 perhatikan-risiko-mengemudi-di-malam-tahun-baru-Dtr1HP6dy1.jpg Ilustrasi kemacetan di malam tahun baru (foto: Okezone)

JAKARTA - Pergantian tahun baru sering dirayakan dengan menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda tiga. Kemacetan riuhnya di malam pergantian tahun sering terjadi dan tentunya menjadi risiko bagi pengemudi mobil.

Ditengah kemacetan parah tentu pengemudi mobil harus memperhatikan beberapa hal. Diantaranya kondisi fisik, menghadapi kondisi macet yang terkadang bisa berlangsung selama berjam-jam.

 

Selain kelelahan mengemudi di tengah kemacetan, menurut Marcel Kurniawan, Training Director The Real Driving Centre (RDC) pengemudi juga harus lebih banyak bersabar, mengingat banyak pengendara yang sering agresif saat berada di jalan saat perayaan malam tahun baru.

Ia menambahkan, kondisi tersebut belum lagi adanya pengendara ataupun pengemudi yang sedang dalam pengaruh minuman beralkohol. Tentu kondisi tersebut bisa membuat banyak situasi jalan di malam pergantian tahun terjadi banyak risiko.

"Selain itu kita juga enggak tahu, pengendara lain kondisinya normal atau di bawah pengaruh alkohol. Biasanya mereka sembarangan bawa kendaraannya karena sudah dalam kondisi tak sadar. Jadi, tantangannya banyak kalau mengemudi di malam Tahun Baru," jelasnya.

 

Selain itu, lanjut dia, pengemudi mobil juga harus memastikan jarak aman dan sebisa mungkin memberi celah untuk sepeda motor dan pengguna jalan lain."Kasih ruang untuk motor lewat, biasanya konvoi pemotor itu lebih ceroboh karena merasa banyak," lanjut dia.

Untuk mengetahui kondisi atau titik kemacetan, pengemudi bisa mangandalkan aplikasi peta digital (GPS) yang kini banyak tersedia. GPS juga bisa membantu kala harus memotong jalur dan melewati jalan-jalan nonresmi.

 

Sementara untuk menghadapi cuaca hujan di malam hari, pastikan semua perangkat mobil, apalagi wiper, berfungsi dengan baik.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini