nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mobil Listrik Tesla Kalahkan Kecepatan Ferrari 458

Mufrod, Jurnalis · Selasa 01 Januari 2019 19:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 01 15 1998663 mobil-listrik-tesla-kalahkan-kecepatan-ferrari-458-27PWTx2b8L.jpg Tesla Model 3 (Foto: Carsguide)

CALIFORNIA - Mungkin tak ada yang menyangka, mobil listrik juga memiliki kekuatan motor yang cukup kencang. Bahkan tenaganya pun bisa mengalahkan supercar dengan mesin konvensional.

Tesla Model 3 salah satunya yang mampu mengalahkan raihan waktu yang lebih cepat dibanding supercar Ferrari 458. Pengujian dilakukan di sirkuit Willow Springs, California.

Dari catatan waktu yang diraih, seperti dikutip dari Carsguide, Tesla Model 3 mampu meraih catatan waktu 1:21,49, sedangkan Ferrari 458 mencatatkan waktu 1:22,30. Pengujian dilakukan di sirkuit yang sama dengan satu pebalap.

 

"Sejak diperkenalkannya Tesla Roadster pada tahun 2008, kami telah mengeksploitasi ketersediaan tenaga dan torsi motor untuk mencapai kinerja garis lurus yang belum pernah terjadi sebelumnya, menjadikan akselerasi ke depan mobil sebagai perpanjangan murni dari pengemudi," kata Tesla.

Dengan Mode Track, yang dirancang khusus untuk digunakan pada sirkuit autocross tertutup dan trek balap, tujuan kami sederhana: gunakan tenaga motor dan torsi yang sama untuk membuat tikungan di trek terasa sama wajarnya dengan akselerasi ke depan.

Kinerja Model 3 memiliki motor listrik di setiap gandar, sehingga Mode Track dapat memberi makan lebih banyak daya ke roda belakang seperti yang diperlukan, mengurangi understeer dan meningkatkan kemungkinan smokiness roda belakang. Bahkan, ketika mobil merasakan understeer, ia dapat menyekop 100 persen dari torsi yang tersedia ke ban belakang.

 

Tesla juga telah merancang versi baru yang disesuaikan dengan kinerja dari sistem kontrol kestabilannya, yang dikatakannya bertindak seperti mode Dinamis, mengurangi jumlah intervensi kontrol traksi untuk memastikan daya tidak tersedot dari roda ketika mobil memudahkan kehilangan traksi.

"Track Mode menambahkan fitur untuk membuat pengemudi trek apa pun, amatir atau profesional, merasa manusia super di trek," kata Tesla. "Ini dimungkinkan karena dengan Performa Model 3, kami mengganti sistem kontrol stabilitas dengan kami sendiri Vehicle Dynamics Controller - perangkat lunak yang dikembangkan khusus untuk kendaraan Tesla yang bertindak baik sebagai sistem kontrol stabilitas dan juga sebagai peningkatan kinerja di trek," pungkas Tesla.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini