nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Regulasi Emisi Bikin Honda Kembangkan Teknologi Baru

Mufrod, Jurnalis · Sabtu 12 Januari 2019 07:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 11 15 2003385 regulasi-emisi-bikin-honda-kembangkan-teknologi-baru-k7A32r5jhA.jpeg Paten teknologi VVT (foto: Rideapart)

HAMAMATSU - Ketatnya regulasi emisi yang diterapkan banyak negara di Eropa berdampak pada industri automotif. Salah satunya Honda yang harus mengembangkan teknologi yang mampu menghasilkan emisi lebih rendah dari sebelumnya.

Teknologi yang dikembangkan honda yakni Variable Valve Timing (VVT) yang sebelumnya teknologi ini sudah digunakan juga oleh beberapa produsen sepeda motor seperti Yamaha, Ducati dan BMW. Namun teknologi VVT Honda sendiri tentu memiliki karakteristik yang beda.

Karenanya Honda mengajukan paten terhadap teknologi VVT yang telah dikembangkannya pada 3 Januari 2019 di AS. Dalam gambar paten yang diajukan terlihat nantinya setiap silinder akan dilengkapi oleh empat katup. Secara teknis kinerja katup ini akan memaksimalkan tenaga mesin putaran rendah maupun tinggi.

 

Teknologi serupa juga telah digunakan oleh produsen Honda mobil dengan VTEC, dimana setiap katup akan bekerjas sesuai dengan output yang dibutuhkan. Sistem ini memungkinkan pasangan katup akan aktif ataupun non aktif menyesuaikan kebutuhan tenaga yang diinginkan pengendara.

Dengan sistem kinerja tersebut, memungkinkan emisi yang dihasilkan juga lebih rendah. Teknologi VVT ini sebagai langkah produsen Honda mencapai standar emisi euro 5 sesuai dengan paten yang diajukan.

 

Rencananya mesin dengen teknologi VVT, pertama kali akan digunakan untuk genersi terbaru CBR1000RR.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini