nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gunakan Mesin Yamaha, Toyota Pernah Produksi Mobil Yamahuler

Mufrod, Jurnalis · Sabtu 12 Januari 2019 12:18 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 12 15 2003490 gunakan-mesin-yamaha-toyota-pernah-produksi-mobil-yamahuler-gaDazz6sL9.jpg Toyota Yamaha (foto: ISt)

TOKYO - Toyota dan Yamaha merupakan dua produsen industri automotif yang cukup besar hingga kini. Keduanya fokus memproduksi mobil dan motor. Namun siapa sangka keduanya memiliki kerjasama yang cukup lama.

Toyota dan yamaha telah bekerjasama sejak 1974, untuk berkolaborasi membuat mobil bernama Yamahauler. Mobil pikap yang diproduksi Toyota tersebut dirancang peruntukannya sebagai mobil towing untuk mengangkut sepeda motor.

 

Tak sampai disitu, produsen Yamaha ternyat pernah memasok mesin yang digunakan oleh Toyota. Seperti dilansir Rideapart, beberapa model mobil yang cukup legendaris bahkan menggunakan mesin hasil pengembangan dari produsen Yamaha, seperti Cellica, MR2 dan 2000GT klasik.

Seperti dilansir dari Ridepart, Sabtu (5/1/2019), Yamaha telah merancang dan memasok mesin untuk beberapa mobil Toyota selama bertahun-tahun, dari Celica, MR2 dan 2000GT klasik.

Toyota 2000GT merupakan salah satu model mobil sport yang menggunakan mesin hasil kolaborasi antara Toyota dan Yamaha. Kerjasama tersebut juga berlanjut pada kolaborasi pengembangan mesin 4A-GE yang digunakan pada model Toyota Sprinter Trueno AE86.

Kesuksesan mesin hasil kolaborasi Toyota dan Yamaha tersebut, mendapat predikat yang cukup baik. Keunggulan bobot mesin ringan dan menghasilkan tenaga yang besar, membuat mesin 4A-GE banyak diburu oleh penggemar mobil.

 

Toyota dan Yamaha diperkirakan memperhitungkan matang pengembangan mesin tersebut mengingat karakternya yang sangat ideal digunakan untuk harian maupun turun di ajang balap.

Pengembangan mesin yang dilakukan Toyota dan Yamah sendiri terus berlanjut dengan membuat mesin berkode 3S-GTE yang pada masanya digunakan untuk model Cellica GT Four. Mesin 2ZZ-GE juga menjadi hasil kerjasama yang sama dan digunakan pada generasi terbaru Cellica. Mesin tersebut juga kabarnya digunakan oleh produsen Lotus.

Yamaha juga mendesain mesin V8 4.400cc untuk Volvo XC90 dan S80. Mesin yang sama digunakan Volvo dalam ajang balap V8 Supercars di Australia. Bahkan, merek mobil sport asal Inggris, Noble, memakai penggerak yang sama untuk produk mereka, M600.

 

Kemampuan Yamaha mengembangkan mesin mobil ternyata tidak hanya untuk Toyota beberapa produsen terkenal juga pernah melakukan kerjasama yang sama, seperti Ford dan Volvo.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini