nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Negara Ini Jual Suzuki Baleno Gunakan Logo Toyota, Kok Bisa?

Mufrod, Jurnalis · Senin 14 Januari 2019 14:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 01 14 15 2004163 negara-ini-jual-suzuki-baleno-gunakan-logo-toyota-kok-bisa-dBgjtxjp4t.jpg Suzuki Baleno (Foto: Indianautosblog)

NEW DELHI - Suzuki Baleno di pasar automotif Indonesia, menjadi model yang cukup laris manis, model hatchback yang futuristik dengan dimensi yang cukup panjang dipadukan pilar pedeke membuat Baleno menjadi pilihan konsumen di kelas kendaraan hatchback.

Popularitas model hatchback tersebut, membuat produsen Toyota tertarik untuk memasarkan Baleno dengan logo Toyota. Hal tersebut dilakukan Toyota khusus untuk pasar automotif India, yang memiliki kerjasama barter produk untuk dipasarkan.

 

Sebagaimana diketahui, Toyota dan Suzuki akan berbagi model untuk dipasarkan di negeri yang sama. Kedua produsen berharap, strategi tersebut bisa meningkatkan penjualan produknya serta membangun layanana purna jual yang lebih kuat.

Toyota sendiri berharap bisa memperkuat posisi layanan purnajualnya di India. Mengingat Maruti menjadi produsen yang telah membangun jaringan layanan purna jual terbanyak di India.

 

Di India, Toyota hanya memiliki jaringan layanan aftersales sebanyak 250 outlet. Jumlah tersebut sangat sedikit jika dibandingkan dengan Suzuki yang hingga kini memiliki jaringan mencapai 3.389 outlet penjualan dan 3.550 bengkel servis di seluruh wilayah India.

Secara spesifikasi model yang akan dijual Toyota tidak akan ada ubahan mendasar. Rencananya dua model Suzuki yakni Baleno dan Brezza. Sedangkan Suzuki mendapatkan kompensasi untuk menjual Corolla Altis. Toyota sendiri akan mulai meluncurkan Baleno pada 2020 mendatang.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini