Ada Model Baru, Penjualan Toyota Avanza Lama Ungguli Xpander

Mufrod, Jurnalis · Jum'at 18 Januari 2019 14:34 WIB
https: img.okezone.com content 2019 01 18 15 2006248 ada-model-baru-penjualan-toyota-avanza-lama-ungguli-xpander-YKR9yJoCda.jpg Toyota Avanza (foto: Ist)

JAKARTA - Toyota Avanza terbaru telah meluncur, menutup penjualan sepanjang 2018 kekuatan Avanza dinilai masih cukup kuat di pasar automotif nasional. Hal tersebut terbukti dari penjualan berdasarkan data distribusi dari pabrik ke diler.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sepanjang Januasi - Desember 2018, Toyota telah mendistribusikan Avanza sebanyak 82.167 unit. Capaian angka tersebut memposisikan MPV andalan Toyota berada di peringkat pertama.

 

Dibanding pesaing terdekatnya Mitsubishi Xpander harus mengakui kekuatan Avanza yang lebih laris manis di pasar automotif Indonesia. Mitsubishi Xpander sendiri mendapat raihan angka penjualan dari distribusi pabrik ke diler sebanyak 75.075 unit sepanjang 2018.

Berada di posisi kedua sebagai penjualan terbanyak, sudah menjadi raihan terbaik bagi Xpander. Mengingat Xpander belum lama diluncurkan di pasar automotif nasional, peluncuran pada Agustus 2017 di ajang GIIAS.

Kehadirannya bersaing langsung dengan mobil sejuta umat yakni Avanza tentu sudah menjadi kekuatan besar bagi Xpander. Mengingat beberapa model seperti Suzuki Ertiga, Honda Mobilio dan MPV lain tak mampu menyaingi Toyota Avanza di Indonesia.

 

Mitsubishi Xpander sendiri berdasarkan data Gaikindo dalam beberapa bulan pernah mengungguli penjualan Avanza. Di awal tahun 2018 tepatnya Februari penjualan Xpander mampu unggul. Kondisi tersebut berulang pada Agustus dan September, meski angka penjualan selisih tipis dengan Avanza.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini