nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Haram Starter Mobil yang Habis Terendam Banjir, Ini Penjelasannya

Mufrod, Jurnalis · Rabu 23 Januari 2019 17:22 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 23 15 2008413 haram-starter-mobil-yang-habis-terendam-banjir-ini-penjelasannya-2mwovbq7NT.jpg Mobil terendam banjir di Gowa Sulsel (foto: Okezone)

GOWA - Musim hujan dengan intensitas tinggi membuat beberapa wilayah mengalami banjir, salah satu Gowa, Sulawesi Selatan. Dampaknya kerugian materil dialami banyak warga, karena mobil banyak yang terendam banjir akibat gagal diselamatkan.

Menghadapi mobil yang habis terkena banjir terkadang banyak pemilik yang salah kaprah melakukan beberapa langkah yang bisa menyebabkan kerusakan mobil lebih parah. Bahkan bisa menimbulkan kerugian yang lebih besar terhadap biaya perbaikan mobil.

Langkah yang sebenarnya haram dilakukan yakni jangan menstater mobil yang habis terendam banjir. Hal tersebut akan berisiko terjadinya korsleting pada kelistrikan mobil dan berdampak kinerja Ecu menjadi eror.

 

Segera lepaskan kabel negatif pada accu (aki), untuk memutus arus listrik ke mobil. Cara ini juga bertujuan untuk menghindari terjadinya hubungan arus pendek (korsleting), yang bisa merusak komponen elektronik di dalamnya.

Diler Auto2000 juga berbagi tips mobil terendam banjir, baiknya langsung dibawa ke bengkel dengan cara diderek ataupun di towing. Tujuannya untuk menghindari kerusakaan dari sistem kelistrikan.

Jangan aktifkan rem parkir, dan gunakan batu atau masukkan persnelling ke gigi 1(pada transmisi manual) atau posisi P (transmisi matic). Ini untuk menghindari kanvas rem melekat, terutama pada mobil yang masih menggunakan rem tromol.

Periksa semua oli atau pun minyak, baik itu mesin, transmisi, dan lainnya karena kemungkinan oli atau minyak tersebut sudah tercampur air. Kuras semua oli atau minyak tersebut dengan yang baru.

Apabila kendaraan masih memungkinkan untuk dikendarai, silahkan segera dibawa ke dealer resmi untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Bila kendaraan sudah menggunakan ECU, ini sangat sensitif dan kemungkinan mengalami kerusakan akibat telah terendam banjir.

Kendaraan yang telah terendam banjir pastinya akan mengalami kerusakan, tapi dengan cara-cara ini, kondisi mobil bisa lebih baik dan terhindar dari kerusakan secara total sehingga tidak mengalami kerugian yang sangat banyak.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini