nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Produksi Generasi Terbaru Nissan Xtrail Terganggu Masalah Brexit

Mufrod, Jurnalis · Senin 04 Februari 2019 21:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 04 15 2013762 produksi-generasi-terbaru-nissan-xtrail-terganggu-masalah-brexit-CFbU0ds4fF.jpg Nissan X-trail (Foto: Ist)

TOKYO - Hengkangnya Inggris dari kawasan Eropa atau dikenal dengan Brexit, berdampak langsung pada rencana Nissan yang akan memproduksi generasi terbaru Xtrail. Bahkan model tersebut akhirnya diputuskan akan diproduksi di negara prinsipilnya.

Seluruh kebutuhan pasar wilayah Eropa akan disuplai oleh pabrik Nissan di wilayah Kyushu, Jepang. Pabrik tersebut akan menggantikan pabrik Sunderland yang rencananya akan memproduksi Xtrail terbaru.

Nissan sendiri mengaku tidak menyalahkan Brexit atas keputusan yang diambilnya. Namun secara langsung kondisi antara Inggris dan Eropa tidak membawa keuntungan bagi Nissan.

 

"Meskipun kami telah mengambil keputusan ini karena alasan bisnis, ketidakpastian yang berlanjut seputar hubungan masa depan Inggris dengan UE tidak membantu perusahaan seperti kami untuk merencanakan masa depan," kata Ketua Nissan Eropa Gianluca de Ficchy.

Pemindahan lokasi produksi untuk Xtrail di pabrik Jepang juga dinilai Nissan sebagai langkah masuk akal. Dimana biaya produksi jauh lebih murah dibanding merakit di Eropa.

Nissan juga mengungkap, model yang akan dipindahkan di Jepang hanya Xtrail saja, sedangkan model lain seperti Juke dan Qashqai tetap diproduksi di pabrik Sunderland.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini