nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tilang Elektronik Bikin Rental Mobil Merugi, Ini Penjelasannya

Mufrod, Jurnalis · Rabu 20 Februari 2019 14:18 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 20 15 2020537 tilang-elektronik-bikin-rental-mobil-merugi-ini-penjelasannya-2tgHTifil7.jpg Tilang elektronik (Foto: Ist)

JAKARTA - Penerapan tilang elektronik yang mulai diterapkan di beberapa kota besar, ternyata berdampak pada usaha rental mobil. Beberapa pengusaha sewa mobil, mengungkap tilang elektronik akan merugikan perusahaan penyewaan.

Surat pemberitahuan tilang yang dikeluarkan kepolisian melalui riwayat pelanggaran berdasarkan tilang elektronik akan dikirimkan berdasarkan alamat pemilik kendaraan. Yang menjadi perhatian surat tilang tersebut tak langsung keluar.

 

Para pemilik perusahaan penyewaan khawatir, pelanggaran yang dilakukan penyewa mobil beban denda pelanggarannya akan menjadi tanggungan pemilik mobil. Karena surat tilang datang ketika penyewa sudah tak lagi menggunakan mobil sewanya.

"Cukup merugikan tentunya, karena surat tilang pasti baru sampai beberapa hari, sedangkan konsumen sudah mengembalikan mobil sewanya. Tentu yang akan menanggung denda pemilik mobil," ungkap Ruslan, pemilik penyewaan mobil Alif kepada Okezone, Kamis (20/2/2019).

 

Denda pelanggaran pada tilang elektronik, lanjut Ruslan, konsumen tentu akan menolak untuk membayarnya karena masa sewa kendaraan yang digunakannya sudah habis.

Meski demikian perusahaan rental mobil saat ini akan tetap mendukung aturan tersebut, namun ada strategi yang akan dijalankannya. Salah satunya dengan cara menyewakan mobil tanpa lepas kunci.

"Mau tak mau, kita harus menyewakan mobil berikut dengan sopirnya," tutup Ruslan.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini