23 Februari, Tonggak Sejarah Lahirnya Mesin Diesel

Mufrod, Jurnalis · Sabtu 23 Februari 2019 12:42 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 23 15 2021849 23-februari-tonggak-sejarah-lahirnya-mesin-diesel-ulmuuyVUWx.jpg Mesin Diesel Mitsubishi (foto: Ist)

JAKARTA - Tokoh Rudolf Christian Karl Diesel tak bisa lepas dari perkembangan mesin berbahan bakar solar yang hingga kini terus digunakan banyak produsen automotif seluruh dunia.

Rudolf Diesel sendiri merupakan tokoh penemu dan pengembang mesin diesel, yang sebelumnya dikenal sebagai seorang mekanik andal kelahiran Prancis yang besar di Jerman. dimana hasil penemuannya tersebut mendapatkan paten pada 23 Februari 1893. Hari bersejarah itulah yang hingga kini menjadi tonggak sejarah munculnya mesin bahan bakar lain selain mesin bensin yang lebih dulu ditemukan oleh Nikolaus August Otto.

Mesin diesel yang telah mendapatkan paten, tentu bukan versi yang telah sempurna Rudolf mengembangkan mesin temuannya tersebut bersama beberapa perusahaan yang juga mendukungnya seperti Augusburger, Krupp dan Sulzer bahkan perusahaan Deutz AG turut andil dalam pengembangan mesin diesel tersebut.

 

Rudolf Christian Karl Diesel Diesel merupakan pria kelahiran Paris, Prancis, 18 Maret 1858. Lahir dari keluarga pengrajin kulit, ia ttumbuh menjadi anak yang jenius.

Ketika keluarganya memutuskan untuk pindah ke Jerman, ia fokus dengan pendidikan dibangku kuliah. Meski tidak mengikuti ujian akhir sarjananya, namun ia berhasil membuat beberapa mesin, seperti mesin pembuat es.

Pada akhirnya, Rudolf Diesel pun dapat menerima hak paten untuk alat tersebut pada 23 Februari 1893. Dan pada 10 Agustus 1893, Rudolf pun berhasil mewujudkan impiannya yakni terciptanya mesin diesel pertama di dunia. Atas temuannya itu, ia mendapatkan hak paten bernomor 608845.

 

Saat ini beberapa teknologi mesin diesel sudah mencapai puncak terbaiknya, dimana setiap produsen memiliki teknologi dan pengembangan mesin diesel dengan kelebihannya masing-masing.

Seperti produsen Volkswagen dengan TDI, Mitsubishi D-ID, Chevrolet VCDi, Hyundai CRDi dan Toyota D-4D. Seluruh teknologi mesin diesel tersebut telah mengusung teknologi injeksi.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini