nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gara-Gara Banyak Model Baru, Penjualan Mobil LCGC Turun Pamor

Mufrod, Jurnalis · Senin 25 Februari 2019 12:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 25 15 2022418 gara-gara-banyak-model-baru-penjualan-mobil-lcgc-turun-pamor-4s0Efp82qn.jpg Toyota Calya (foto: Okezone)

JAKARTA - Program pemerintah terhadap kendaraan low cost green car (LCGC) hingga kini masih terus mendapat dukungan dari industri automotif nasional, meski produsen harus memikul berat kenaikan harga komponen yang terpengaruh kenaikan dollar.

Salah satu produsen seperti Toyota sendiri mengungkap terjadinya kelesuan penjualan mobil LCGC yang dipasarkannya di tanah air. Penurunan tersebut terjadi sejak tahun lalu, yakni sebesar 5% dari tahun sebelumnya.

Berdasarkan data Gaikindo penjualan mobil LCGC tahun lalu mencapai 234.444 unit dibanding tahun sebelumnya pada periode yang sama penjualannya mencapai 234.554 unit. Tahun inipun diperkirakan akan semakin berat untuk model LCGC bersaing di pasar automotif nasional.

 

Menurut General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), Fransiscus Soerjopranoto, kondisi pasar nasional untuk penjualan mobil LCGC tahun ini diperkirakan tidak jauh lebih baik dari tahun sebelumnya.

"Berat tahun ini untuk penjualan mobil jenis LCGC, selain kenaikan harga komponen banyaknya model baru yang diluncurkan menjadi salah satu indikasi kembali menurunnya penjualan LCGC tahun ini," kata Frans ketika dihubungo Okezone beberapa waktu lalu.

 

Banyaknya produsen yang menghadirkan model baru dikelas yang cukup mendekati harga mobil LCGC merupakan faktor tertumbuknya kondisi pasar LCGC yang tahun ini akan semakin sulit bersaing.

"Penurunan tahun ini bisa terjadi, sekira 10% dibanding tahun sebelumnya," tutup Frans.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini