nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Trend Mobil Listrik Tak Berdampak Besar pada Bengkel Resmi

Mufrod, Jurnalis · Selasa 26 Maret 2019 17:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 26 15 2035230 trend-mobil-listrik-tak-berdampak-besar-pada-bengkel-resmi-jPbqMJNjnF.jpg Mobil listrik Suzuki (foto: Ist)

JAKARTA - Rencana pemerintah yang akan menggenjot populasi mobil listri di tanah air hingga 20 persen hingga 2025 mendatang, dinilai tak berdampak langsung pada fasilitas maupun mekanik yang akan menangani perubahan trend dari mobil konvensional ke listrik.

Menurut Head of Service 4W, 2W & OBM PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS), hal tersebut tak akan merubah banyak sistem baik pada jaringan bengkel resmi maupun kemampuan mekanik yang biasa menangani mobil konvensional ke mobil listrik.

"Tidak akan banyak berubah, kemampuan mekanik yang saat ini ada bisa menyesuaikan dan stall pada bengkel resmi juga tak akan berdampak besar," kata Riecky.

 

Ia menambahkan, mobil listrik pada dasarnya memiliki perangkat dan sistem kerja yang lebih sederhana, karena mengandalkan motor penggerak dan baterai. Kemampuan bengkel resmi hanya tinggal menyesuaikan pada penggunaan perangkat khusus saja.

Kemampuan para mekanik pun tak jauh berbeda, karena telah terbiasa dengan sistem mobil internal combustion. Saat menangani mobil listrik tidak akan menemui masalah.

 

"Kalo mekanik kan tinggal kita arahkan saja, melalui training bagian mana dan permasalahan apa yang sering terjadi di mobil listrik, karena lebih mudah dibanding mobil bensin," ujarnya.

Suzuki sendiri menurut Riecky siap dengan dengan policy yang akan dijalankan pemerintah, terkait rencana yang akan meningkatkan baik industri maupun layanan service yang akan diberikan kepada konsumen mobil listrik nantinya.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini