nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemerintah Rilis Tarif Pajak Motor Listrik di Jawa Barat

Mufrod, Jurnalis · Jum'at 29 Maret 2019 14:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 29 15 2036627 pemerintah-rilis-tarif-pajak-motor-listrik-di-jawa-barat-XheY62lA89.jpeg Motor listrik Viar Q1 (foto: Ist)

JAKARTA - Rencana pemerintah untuk terus menggenjot pertumbuhan kendaraan listrik rupanya tak hanya pada sektor kendaraan roda empat saja. Sepeda motor kini menjadi salah satu keseriusan pemerintah menghadirkan kendaraan listrik di Indonesia.

Hal tersebut dibuktikan dari hadirnya besaran pajak kendaraan roda dua listrik untuk wilayah Jawa Barat. Melalui Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 973-689 Tahun 2019 terkait besaran pajak motor listrik di wilayah tersebut.

 

Melalui surat peraturan Kementerian Dalam Negeri tentang Evaluasi Rancangan Peraturan Provinsi Jawa Barat tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat Nomor 13 Tahun 2011 Tentang Pajak Daerah Menteri Dalam Negeri menyatakan:

1. BBNKB atas Penyerahan Pertama Sebesar 12,5 persen.

2. BBNKB Listrik Roda Empat Penyerahan Pertama Sebesar 10 Persen.

3. BBNKB Listrik Roda Dua Penyerahan Pertama sebesar 2,5 persen.

4. BBNKB Roda Dua dan Roda Tiga dengan Kapasitas Isi Silinder 250cc ke atas Penyerahan Pertama Sebesar 15 persen.

5. BBNKB Roda Dua dan Roda Tiga dengan kapasitas Isi Silinder di Bawah 250 cc Penyerahan Pertama Sebesar 12,5 persen.

Keputusan Menteri ini mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan dengan ketentuan apabila dikemudian hari terdapat kekeliruan akan dialkukan perbaikan sebagaimana mestinya.

 

Keputusan Menteri Dalam Negeri ini disambut baik Marketing Communication Viar Indonesia Franky Osmond, yang menilai dukungan Pemerintah saat ini akan mendukung pertumbuhan industri sepeda motor listrik di Indonesia.

"Dengan adanya pajak sepeda motor listrik ini, akan berpengaruh terhadap harga sepeda motor listrik yang saat ini bersaing dengan motor konvensional," ujar Franky saat dihubungi Okezone, Jumat (29/3/2019).

Sebagai informasi, Viar merupakan salah satu produsen sepeda motor yang terus konsistem memperkenalkan sepeda motor listrik untuk pasar Indonesia. Produk yang ditawarkan yakni Viar Q1.

Sepeda motor listrik yang memiliki berat 78,9 kg ini dibekali baterai Lithium-ion berkapasitas 60 volt 20 Ah. Kemampuan baterai mampu melibas jarak 60 kilometer dengan kecepatan maksimum 60 kilometer per jam. Sepeda motor listrik ini dibanderol dengan harga Rp18 juta.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini