nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Honda Siap Tinggalkan Motor Bahan Bakar Bensin

Mufrod, Jurnalis · Kamis 11 April 2019 13:36 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 11 15 2041950 honda-siap-tinggalkan-motor-bahan-bakar-bensin-mGeT5RuaaJ.jpg Honda Hydrogen (foto: Ist)

TOKYO - Produsen Honda seperti siap meninggalkan sepeda motor dengan bahan bakar bensin, dan akan beralih ke produk sepeda motor dengan bahan bakar dari energi terbarukan.

Seperti produsen mobil pada umumnya yang telah mengembangkan kendaraan dengan tenaga listrik dan energi terbarukan lainnya. Produsen sepeda motor Honda juga tengah mempersiapkan tunggangan yang akan menggunakan bahan bakar hydrogen.

Rencana tersebut baru saja diketahui melalui gambar paten yang diajukan Honda pada 9 April 2019, dimana beberapa bagian gambar paten terlihat sistem pembakaran yang berbeda dengan model sepeda motor bensin.

 

Paten menjelaskan bagaimana perangkat saluran udara yang berada di depan akan membantu sistem pembakaran menggunakan bahan bakar hydrogen. Saluran intake dalam gambar paten memiliki satu penampungan kotoran dari udara yang dihisap, sehingga udara segar mampu membantu kinerja pembakaran hydrogen. Demikian seperti dikutip dari Rideapart, Kamis (11/4/2019).

Sebagaimana diketahui hydrogen membutuhkan pasokan udara yang bersih dan tidak memiliki elemen debu halus yang bisa mengganggu sistem pembakarannya.

 

Pemilihan hydrogen sebagai pilihan bahan bakar dari energi terbarukan dipiliha Honda karena memiliki kelebihan yakni sistem pengisian yang terbilang cepat jika dibanding dengan motor listrik. Selain itu emisi yang sangat rendah akan menjadi keunggulan dan penyesuaian regulasi emisi yang ketat di banyak negara.

Sayangnya belum diketahui pasti rencana Honda akan meluncurkan model sepeda motor dengan bahan bakar hydrogen tersebut.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini