nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Motor Listrik Nasional Gesits Siap Tebar Pesona

Mufrod, Jurnalis · Jum'at 19 April 2019 14:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 19 15 2045512 motor-listrik-nasional-gesits-siap-tebar-pesona-dRvdE2qTlp.jpg Motor listrik Gesits (Foto: Ist)

JAKARTA - Setelah beberapa kali mengklaim akan siap meluncur, sepeda motor listrik yang dikembangkan beberapa perguruan tinggi dan kini produksinya dilakukan oleh beberapa BUMN, kabarnya akan segera meluncur.

Kehadiran motor listrik nasional Gesits sendiri akan dilakukan di IIMS yang akan berlangsung minggu depan. Untuk pertama kalinya, motor hasil pengembangan ITS ini akan memukau para pengunjung dan masyarakat seluruh Indonesia.

Terkait kabar peluncuran ini, Harun Sjech, Direktur Utama PT GTI menegaskan rencana peluncuran tersebut benar dan akan dilakukan. Namun terkait kesiapan dan layanan kepada konsumen, pria ramah tersebut masih enggan membeberkannya.

 

"Nantilah kita akan berikan informasi lengkap terkait produk Gesits dan layanan fasilitas baterai listrik yang akan diberikan kepada konsumen," kata Harun saat dihubungi Okezone.

Kehadiran sepeda motor Gesits yang dipastikan meluncur minggu ini setelah beberapa kali meleset, diperkirakan memanfaatkan momentum ditengah rencana pemerintah mulai menggaungkan Rancangan peraturan presiden (Perpres) kendaraan listrik di Indonesia. Selain itu Pemerintah juga akan menggenjot produksi dan populasi kendaraan listrik.

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohammad Nasir yang mengungkapkan bahwa produksi motor listrik Gesits telah dimulai bulan ini dengan kapasitas produksi mencapai 5.000 unit sebulan.

 

"Mulai April ini sudah mulai produksi massal. Mei sudah mulai pemasaran. Setiap bulan produksinya 5.000 motor listrik. Kapasitas produksi dalam satu tahun sekitar 60 ribu motor listrik," ujarnya di JI-Expo Kemayoran Jakarta.

Terkait sistem pengisian baterai bisa dilakukan di beberapa SPBU pertamina yang telah memiliki fasilitas recharging. Untuk mengisi baterai tenaga penuh dibutuhkan waktu pengisian selama 3 jam.

"Dengan pengisian sekira setengah jam Gesits bisa menempuh jarak 3 kilometer, dalam kondisi baterai penuh sepeda motor bisa menempuh jarak hingga 100 kilometer," ujarnya.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini