nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Simak Cara Berkendara Hemat BBM dengan Cara Eco Driving

Mufrod, Jurnalis · Kamis 02 Mei 2019 14:36 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 02 15 2050599 simak-cara-berkendara-hemat-bbm-dengan-cara-eco-driving-exwB0mjAhq.jpg Komunitas Innova (foto: Ist)

JAKARTA - Toyota Innova merupakan mobil yang diklaim banyak orang sangat boros konsumsi bahan bakar, meski parameter boros konsumsi bahan bakar memiliki banyak faktor, kapasitas mesin, bobot kendaraan hingga karakter berkendara menjadi sumber borosnya konsumsi bahan bakar.

Sebelumnya banyak pengguna Innova, terutama Innova generasi awal sebelum euro 2, dan juga yang bermesin Vvti mengeluhkan innova nya boros dengan konsumsi BBM rata2 1 liter untuk jarak tempuh 6 hingga 7 kilometer.

Namun bagi komunitas Innova Community yang kesehariannya menggunakan Innova ada salah satu langkah yang bisa diterapkan banyak pengemudi mobil untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar saat berkendara di segala medan macet maupun luar kota dengan teknik Eco Driving.

 

Banyak orang lebih sering mendengar Safety Driving dan Defensive Driving, Eco Driving kurang lebih sama.. Merupakan salah satu kehalian dalam berkendara, gabungan dari berkendara dengan aman dalam safety driving dan berkendara dengan pengendalian emosi defensive driving.

Langkah awal untuk berkendara eco driving menurut Septi kepala bengkel Tunas Toyota Kebayoran Lama, adalah pastikan kondisi mesin dalam kondisi prima. Melakukan servis berkala adalah faktor yang sangat penting untuk menjaga kondisi kendaraan tetap prima, membersihkan saringan udara, serta melaksanakan pekerjaan servis rutin lainnya dengan benar. Diakhiri dengan uji emisi yang dapat membantu Anda menghemat bahan bakar.

 

Putaran mesin atau rpm adalah faktor yg sangat mempengaruhi konsumsi bahan bakar. Jika kendaraan kita bertransmisi manual pola pindah Gigi sangat mempengaruhi, pindah Gigi di Rpm terlalu tinggi tentu nya akan boros. Yg paling tepat adalah pindah gigi pada rpm dengan torsi yg paling tinggi. Hal ini bisa di baca pada grafik torsi (pada buku owner manual). Tentu nya masing2 mobil karakternya berbeda.

"Berbeda jika transmisi automatic, Menginjak gas dengan perlahan dan menyesuaikan kondisi jalan akan membuat bahkan bakar jadi ekonomis, Karena sebelum rpm tinggi , komputer langsung memerintahkan pindah gigi. “ ujar Septi, kepala bengkel Tunas Toyota Kebayoran Lama.

Karenanya untuk meningkatkan konsumsi bahan bakar, perawatan rutin untuk meningkatkan kondisi mesin lebih maksimal menjadi salah satu cara yang meningkatkan konsumsi bahan bakar kendaraan.

Teknik Eco driving ini terus dilakukan dan dikampanyekan Innova Community sebagai langkah kesadaran menjaga lingkungan khususnya penggunaan bahan bakar yang tak terbuang percuma. Langkah tersebut menjadi bagian kampanye Innova Community sebagai peringatan hari Bumi. melakukan kegiatan Penanaman pohon sebanyak total 1250 bibit pohon terdiri dari Bakau, Tabebuya, Pucuk merah, Mahoni, Akasia serta berbagai jenis tanaman buah.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini