nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mudik Bawa 2 Ban Cadangan, Perhatikan Hal Ini

Mufrod, Jurnalis · Rabu 15 Mei 2019 11:33 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 15 15 2055907 mudik-bawa-2-ban-cadangan-perhatikan-hal-ini-6jjFw6eSf8.jpg Ilustrasi suasana antrean mobil saat mudik (Foto: Ist)

JAKARTA - Menjelang arus mudik persiapan kondisi kendaraan dan kebutuhan selama di perjalanan sering dilakukan secara berlebihan. Bahkan beberapa pemudik terbesit membawa 2 ban cadangan untuk jaga-jaga selama melakukan perjalanan jauh menuju kampung halaman. Efektifkah hal ini.

Membawa 2 ban cadangan saat melakukan perjlanan mudik dinilai Poedyo Santosa, instruktur senior Indonesia Road Safety (Irsa) sebagai cara yang kurang efektif. Karena ban cadangan tersebut akan memakan ruang bagasi yang seharusnya bisa digunakan untuk perlengkapan lain.

 Pemasangan ban pada mobil

"Kurang efektif, karena penempatan 2 ban cadangan yang dibawa tentu akan memakan ruang bagasi yang idealnya bisa digunakan untuk meletakkan barang bawaan," katanya.

Meski demikian, Poedyo mengungkapkan toleransi membawa 2 ban cadangan selama perjalanan mudik boleh dilakukan pemudik dengan mempertimbangkan wilayah dimana di jalur mudik yang akan dilalui jarang penduduk ataupun tidak terdapat bengkel tambal ban.

Beberapa jalur tersebut biasanya terdapat di wilayah kabupaten yang memang dalam beberapa waktu tidak banyak terdapat bengkel ataupun jam operasional bengkel yang tidak sampai malam. Kondisi tersebut tentu mengharuskan pemudik mempersiapkan 2 ban cadangan.

 Antrean kendaraan selama musik arus mudik

"Dalam beberapa kondisi seperti daerah yang sepi, jarang terdapat bengkel dan jam operasional bengkel tidak sampai malam. Pemudik harus ekstra membawa 2 ban cadangan," ungkapnya.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini