nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pasar Mobil Jeblok 13,1%, Gaikindo Tak Ubah Target Penjualan

Mufrod, Jurnalis · Rabu 15 Mei 2019 12:35 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 15 15 2055941 pasar-mobil-jeblok-13-1-gaikindo-tak-ubah-target-penjualan-PI7Zsu44eN.jpg Ilustrasi produksi mobil (Foto: Ist)

JAKARTA - Penurunan pasar automotif secara nasional sebesar 13,1 persen sebagai perjalanan awal 2019 bagi industri automotif di Indonesia, ternyata telah diprediksi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) dari tahun sebelumnya.

Prediksi ini diketahui dari jadwal agenda nasional yakni pilpres yang baru saja berlangsung. Kondisi tersebut telah diketahui akan berdampak langsung pada penurunan pasar automotif secara nasional yang tahun ini anjlok mencapai 13,1 persen secara wholesales sedangkan secara retail turun 10,8 persen.

Produksi mobil di Indonesia 

"Kita sudah memprediksi akan adanya penurunan pasar sejak tahun lalu, karena agenda pilpres yang telah terjadwal sudah bisa kita prediksi akan terjadinya penurunan pasar untuk industri automotif nasional," ungkap Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo, di Jakarta.

Ia menambahkan, penurunan pasar disebabkan banyaknya konsumen yang menahan diri untuk melakukan transaksi khususnya pembelian mobil. Hal itulah yang membuat penjualan automotif merosot.

 Yohanes Nangoi Ketua Umum Gaikindo

Meski terjadi penurunan pasar secara nasional, Gaikindo sendiri mengungkap tidak akan mengubah target penjualan mobil tahun ini sebesar 1,1 juta unit. Pencapaian tersebut diyakini akan tercapai mengingat pada kuartal kedua pertumbuhan dan daya beli masyarkat akan kembali pulih.

"Kita yakin setelah pilpres ini pasar akan kembali bergairah, dimana masyarakat yang sebelumnya menahan akan melakukan transaksi pembelian mobil," tutupnya.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini