nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perhatikan Penambahan Tekanan Angin Ban saat Muatan Penuh

Mufrod, Jurnalis · Rabu 15 Mei 2019 13:52 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 15 15 2055986 perhatikan-penambahan-tekanan-angin-ban-saat-muatan-penuh-UQIBuJVRdP.jpg Ilustrasi pemudik gunakan bagasi atas untuk barang bawaan (foto: Okezone)

JAKARTA - Mempersiapkan perjalanan panjang musim mudik, berbagai kebutuhan dan perlengkapan tentu menjadi hal mutlak yang wajib di bawa. Sayangnya barang bawaan banyak sering diabaikan pengemudi terhadap pentingnya menyesuaikan tekanan angin ban mobil saat muatan penuh.

Meski terbilang sepele, namun penambahan tekanan angin saat membawa penumpang kapasitas penuh ataupun barang bawaan banyak sangat dibutuhkan untuk menjaga tekanan angin ban mobil seiring bertambahnya beban bawaan pada mobil.

Menurut Aries Abdullah, business support manager PT Gajah Tunggal menjelaskan, dengan kondisi beban yang berlebih maka dibutuhkan tekanan angin yang lebih pula di atas tekanan standar yang ditentukan.

 

"Biasanya untuk mobil jenis MPV seperti Avanza dengan kapasitas penumpang tujuh orang serta tambahan barang bawaan, idealnya tekanan angin ditambah 10 persen dari batas ketentuan standar yang direkomendasikan pabrikan mobil atau ban," jelas Aries.

 (Baca juga : Mengemudi Hindari Kantuk selama Ramadan, Perhatikan hal Ini)

Penambahan 10 persen tekanan angin pada ban bisa dilakukan seiring penambahan beban, seperti tekanan angin standar ban depan 30 psi dan belakang 35 psi bisa ditambahkan agar tekanan ban tidak berkurang dari penambahan beban yang ditambah.

 

Tekanan angin ban mobil dasarnya juga berfungsi untuk menahan beban baik mobil maupun kapasitas barang bawaan yang terdapat pada mobil. Langkah ini bisa dilakukan dan diperhatikan oleh pengemudi yang melakukan perjalan mudik.

"Dengan tekanan tambahan tersebut maka beban tekanan angin di dalam ban bisa menyesuaikan dengan bobot tambahan kendaraan," pungkas Aries.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini