nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mudik Lewat Jalan Beton Bikin Ban Cepat Gundul, Ini Penyebabnya

Mufrod, Jurnalis · Rabu 15 Mei 2019 14:47 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 15 15 2056030 mudik-lewat-jalan-beton-bikin-ban-cepat-gundul-ini-penyebabnya-0KJPEAs3SM.jpg Kondisi ban yang mulai bekurang kembangannya akibat lewati jalan beton (foto: Ist)

JAKARTA - Pemerintah saat ini telah menghubungkan jalan bebas hambatan dari Jakarta hingga ke Surabaya. Namun perlu diperhatikan di beberapa banyak ruas jalan beton menjadi lintasan yang harus dilewati pengguna jalan tol tersebut.

Dibanding jalan aspal, material jalan beton dinilai sangat besar mengkikis kompon atau kembangan pada ban. Pengikisan ban bahkan bisa semakin meningkat ketika melintas di jalan beton pada siang hari, dimana suhu panas beton dan karet pada ban menjadi penyebab tingkat keausan lebih cepat terjadi.

 Ban mobil cepat haus saat lewati jalan beton

Divisi teknis Michelin, M Fachrul Rozi mengatakan ban kendaraan cepat aus atau habis ketika melintas di jalan beton dibanding saat melaju di jalan aspal. Kondisi tersebut akan lebih parah jika kondisi jalan beton yang dilewati bergaris dibanding jalan beton mulus.

"Saya pikir semua ban lebih cepat abrasi di jalan beton, tapi saya tidak punya persentase untuk membandingkannya perbedaannya dengan di jalan aspal," ujarnya kepada Okezone.

 (Baca Juga: Simak 4 Langkah Mengemudi Aman selama Puasa )

Kondisi jalan beton yang menghabiskan kembangan ban mobil memang sering dikeluhkan pengemudi karena cepat menghabiskan kompon ban. Namun diakui banyak pengemudi mobil berjalan di jalan beton bergaris dinilai membuat daya cengkeram ban ke jalan lebih mantap.

 Pemasangan ban mobil

Lebih lanjut Rozi menjelaskan bahwa ban cepat habis di jalan beton karena gesekan dengan permukaan kasar membuat roda cepat abrasi. Sementara aspal yang cenderung lebih halus membuat daya gesek lebih minim.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini