nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Produsen Pertama Kali Luncurkan Mobil SUV, Ini Mereknya

Mufrod, Jurnalis · Senin 20 Mei 2019 12:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 20 15 2057877 produsen-pertama-kali-luncurkan-mobil-suv-ini-mereknya-rBs8vLijnO.jpg Chevrolet Trail Blazer (foto: Ist)


NEW YORK - Tingginya penjualan kendaraan jenis sport utility vehicle (SUV) di pasar global, tak lepas dari peran Chevrolet yang mengklaim meluncurkan model SUV pertamanya di dunia.

Dalam keterangan resmi yang diterima Okezone, Chevrolet pertama kali meluncur pada 1935, dimana SUV pertama yang diluncurkan Chevrolet yakni Suburban Carryall.

Walaupun istilah SUV belum banyak digunakan hingga tahun 1980-an, Chevrolet Suburban Carryall memiliki ciri khas di segmennya, antara lain memiliki dua kabin yang memanjang, kursi tiga baris, serta jendela di setiap sisi mobil. Hingga saat ini Chevrolet Suburban masih diproduksi, yang menjadikan nama model tersebut sebagai nama yang paling lama digunakan dalam industri otomotif dan turut mempopulerkan model SUV Chevrolet lainnya di seluruh dunia.

 

Beberapa model SUV terbaru terus diproduksi produsen Chevrolet hingga Trailblazer menjadi salah satu yang paling dikenal konsumen hingga saat ini. Hal ini terlihat dari meningkatnya penjualan kendaraan jenis SUV hingga lebih dari 7 persen sejak tahun 2011, sementara penjualan jenis sedan dan turunannya justru mengalami penurunan sebesar 4 persen dalam periode yang sama. Saat ini, SUV merupakam jenis kendaraan yang terlaris di wilayah Asia Pasifik, berdasarkan dari JATO Dynamics.

Pada tahun 1982, Chevrolet memperkenalkan sebuah model baru, S-10 Blazer (atau Blazer) – salah satu SUV kompak pertama di industri ini dan kerap mendapatkan pujian. Chevrolet pun kembali menegaskan keunggulannya di segmen SUV dengan memperkenalkan Chevrolet Trailblazer di tahun 1999 yang merupakan varian teratas dari Blazer.

 

Di era tahun 2000an, Chevrolet semakin memperkukuh rekam jejak keunggulannya di segmen SUV dan Crossover terbaru yang membuat perjalanan semakin mengasyikan dan berkesan seperti Traverse, Equinox, dan Trax. Chevrolet hadir untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat untuk kendaraan jenis ini.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini