nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kenali Pengemudi Alami Microsleep saat Tempuh Perjalanan Mudik

Mufrod, Jurnalis · Senin 20 Mei 2019 14:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 20 15 2057923 kenali-pengemudi-alami-microsleep-saat-tempuh-perjalanan-mudik-XdUgF2eyq7.jpg Ilustrasi kemacetan di jalur mudik (foto: Ist)

JAKARTA - Kondisi microsleep rentan terjadi pada pengemudi yang telah letih berada di dalam mobil dan cukup lama mengemudi melebihi batas yang dianjurkan yakni 10 jam dari batas kemampuan manusia mendapatkan konsentrasi di dalam mobil selama di perjalanan mudik.

Kondisi microsleep yang sering terjadi karena pengemudi kelelahan saat mudik bisa terlihat dari beberapa reaksi yang tanpa disadari pengemudi. Seperti saat akan berbelok, pengemudi salah arah menyalakan lampu sein. Kondisi tersebut memperlihatkan pengemudi tak lagi mampu berkonsentrasi maksimal.

 

Hal lain yakni pengemudi mulai merasa kepala dan kelopak matanya terasa berat. Indikasi mudah mengenalinya, dalam beberapa menit pengemudi sering sekali menguap dengan durasi cukup panjang. Kepala juga sering mengangguk tanpa sengaja.

Dengan kondisi seperti ini, pengemudi biasanya memiliki tingkat kewaspadaan yang kritis. Hal tersebut akibat pengemudi sudah melebihi batas mengemudi karena berhadapan dengan kemacetan panjang yang tak memungkinkan berhenti untuk istirahat.

 

Ketiga, bagaimana bila Anda merasa sudah sangat lelah selama perjalanan mudik sementara tidak ada driver pengganti? Jalan terbaik satu-satunya adalah berhenti dan beristirahat tidur. Rentang waktu sekitar 30 menit sudah cukup asal tidur Anda pulas. Rest area bisa jadi pilihan lokasi terbaik saat Anda melaju di jalan tol.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini