nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lima Bagian Motor yang Rentan Cuaca Panas

Mufrod, Jurnalis · Jum'at 24 Mei 2019 17:12 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 24 15 2060035 lima-bagian-motor-yang-rentan-cuaca-panas-gVTwlVsthN.jpg Salah satu komponen pada sepeda motor (Foto: Ist)

JAKARTA - Cuaca terik panas yang terjadi dalam beberapa minggu kebelakang, ternyata bisa berdampak pada lima bagian motor  yang digunakan setiap hari. Bahkan cuaca panas terik berimbas langsung pada perubahan lima komponen sepeda motor.

Sinar matahari terik, berimbas langsung pada perubahan langsung maupun kualitas dari komponen yang ada pada lima bagian sepeda motor. Jika pengemudi tidak melakukan perawatan maupun pemeriksaan berkala maka akan berdampak pada penggantian lima komponen pada sepeda motor ini.

 Ban

Tekanan Ban

Suhu panas dapat menyebabkan tekanan angin dalam ban berubah-ubah sehingga kenyamanan dalam berkendara menjadi berkurang. “Kondisi panas bisa membuat tekanan angin berubah, karenanya pemeriksaan harus dilakukan secara berkala," ujar Reza Rezdie Shahertian selaku Technical Training AHM.

Ban

Ban motor yang terkena suhu panas yang terus menerus dapat mempercepat penurunan kualitas ban seperti tekstur ban yang terlihat pecah-pecah atau getas. Lakukan penggantian ban segera jika tekstur ban terlihat adanya retakan.

 

Rantai Motor

Udara panas yang menyengat juga dapat menyebabkan pelumas pada rantai bisa mengering dengan lebih cepat sehingga kerja rantai tidak halus. Kinerja rantai dapat berkurang, rantai akan cenderung akan mengeluarkan bunyi kasar saat bekerja dan rantai dapat menjadi kaku. “Hal ini dapat dihindari dengan melakukan pemeriksaan dan perawatan berkala, seperti melumasi rantai dengan Chain Lub yang direkomendarikan, serta atur kekenduran rantai yang tertera pada stiker swing arm motor“ lanjut Reza.

Bearing Roda

Kondisi panas berkepanjangan, kondisi bearing roda atau yang sering disebut dengan klaher harus sering diperiksa kondisinya. Selain sering melewati jalanan yang rusak, suhu panas juga dapat mengakibatkan pelumas bearing dan seal mengeras akibat memuainya kedua komponen tersebut. Ciri-cirinya, roda depan tidak berputar secara halus dan terdengar bunyi. Salah satu solusinya adalah mengganti seal pada bearing apabila sudah terlihat getas, serta tambahkan pelumas atau gemuk pada roda-roda bearing motor.

 

Body

Sering terpaparan motor terkena sinar matahari dalam jangka waktu yang terus menerus juga dapat menyebabkan penurunan kualitas warna bodi motor. untuk menjaga agar tidak terjadi, cucilah motor secara rutin dengan menggunakan sabun khusus kendaraan bermotor terpercaya yang dijual di pasaran.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini