nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mudik Lewat Jalan Tol, Kenali Risiko Mengemudi di Bahu Jalan

Mufrod, Jurnalis · Rabu 29 Mei 2019 12:42 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 29 15 2061721 mudik-lewat-jalan-tol-kenali-risiko-mengemudi-di-bahu-jalan-QZDjkJHDQl.jpeg Jalur mudik jalan tol yang menghubungkan banyak kota (Foto: Ist)

JAKARTA - Terhubungnya jalan bebas hambatan atau dikenal dengan jalan tol dari Jakarta ke beberapa kota di Jawa Tengah hingga Jawa Timur, mampu memangkas waktu tempuh selama arus mudik menjadi lebih cepat.

Namun perlu diperhatikan dalam kondisi ramai, banyak pengemudi yang nekat menerobos bahu jalan untuk menghindari keramaian kendaraan selama arus mudik. Bahkan adapula pengemudi yang nekat masuk bahu jalan dengan kecepatan tinggi untuk mendahului banyak kendaraan lain yang berada di jalur normal.

 Jalur tol yang menghubungkan banyak kota

Dalam kondisi tersebut, pemudik juga perlu memperhitungkan risiko mengemudi masuk ke bahu jalan, dimana telah sering terjadi kecelakaan yang merenggut korban jiwa akibat kecelakaan yang diakibatkan mobil masuk ke bahu jalan.

Faktor blind sport, dimana terdapat mobil seperti truk yang memiliki lajur dekat dengan baju jalan sering terjadi serempetan, bahkan membuat mobil alami kecelakaan karena menyerempet truk dalam kecepatan tinggi.

 

Selain itu, risiko tabrakan juga bisa terjadi, mengingat bahu jalan sedianya digunakan bagi pengemudi dalam keadaan darurat ataupun lajur bagi kendaraan yang melintas secara darurat. Tabrakan yang sering terjadi, dimana banyak pengemudi masuk bahu jalan, namun tidak bisa menghindari jika ada mobil yang tengah berhenti darurat di bahu jalan, sehingga tabrakan tak terhindari.

"Sudah banyak terjadi peristiwa kecelakaan di bahu jalan, akibat pengemudi mendahului kendaraan lain atau kondisi macet dengan memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi," tegas Jusri, saat dihubungi Okezone, Jumat (14/9/2018).

Saat pengemudi melakukan hal tersebut, lanjut Jusri, memang banyak yang beruntung terlepas dari risiko kecelakaan, namun ada juga yang mengalami kecelakaan seperti yang terjadi di tol Tangerang.

"Saat mengemudi di jalan tol baiknya perilaku mendahului jangan pernah menggunakan bahu jalan, jaga kecepatan secara konstan saat mengemudi,"pungkas Jusri.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini