nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Toyota Buktikan Kemapanan Industri Automotif Lokal Tembus Pasar Global

Mufrod, Jurnalis · Kamis 30 Mei 2019 12:26 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 30 15 2062055 toyota-buktikan-kemapanan-industri-automotif-lokal-tembus-pasar-global-uHyy0LoQFl.jpg Toyota Vios (foto: Ist)

JAKARTA - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) berhasil melewati jalan panjang menuju kemapanan industri automotif tanah air yang kini telah masuk pasar global. Salah satu kesuksesan yang diraih yakni memproduksi kendaraan jenis sedan selama lima tahun yang kini memasok kebutuhan pasar lokal dan global.

Model sedan Toyota Vios dan Yaris yang kini seluruhnya sudah diproduksi di Indonesia menjadi model sejarah kesuksesan TMMIN di Indonesia, dimana sebelum diproduksi dalam negeri, pasokan untuk kedua model tersebut didatangkan langsung dari Thailand yang kala itu menjadi basis produksi mobil Toyota untuk kawasan ASEAN.

 Toyota Yaris

Produksi lokal Vios dan Yaris merupakan realisasi dari komitmen Toyota untuk sebesar mungkin memberikan sumbangsih bagi perkembangan industri otomotif nasional melalui substitusi impor dan ekspansi ekspor. Hal ini sekaligus memperkuat posisi Indonesia sebagai salah satu basis produksi dan ekspor produk otomotif di kawasan Asia Pasifik.

Tak kurang selama lima tahun hingga April 2019, TMMIN telah mencatatkan produksi Yaris dan Vios sebanyak lebih dari 257.200 unit yang seluruhnya telah didistribusikan ke pasar seluruh Indonesia maupun pasar eksport.

Sebanyak 94.750 unit atau 37% Vios dan Yaris telah diproduksi untuk memenuhi permintaan konsumen dalam negeri. Sedangkan sebanyak 162.530 unit atau 63% Vios dan Yaris telah dikapalkan ke 13 negara di kawasan ASEAN dan Timur Tengah.

"Langkah produksi lokal model sedan tersebut, tak lepas dari pola ketergantungan yang dilakukan TMMIN terhadap produk impor dan mendorong produksi lokal untuk mengambil alih kebutuhan bagi banyak negara lain. Tujuan ini dilakukan guna menciptakan keseimbangan neraca perdagan terutama di sektor automotif.

 Toyota Yaris

"Eksport yang telah kita lakukan hingga saat ini, membuktikan bahwa industri otomotif nasional memiliki daya saing yang tinggi dan dipercaya menjadi produsen salah satu model yang banyak diminati di pasar global,” tutur Bob Azam, Direktur Administrasi, Korporasi dan Hubungan Eksternal TMMIN dalam keterangan resmi yang diterima Okezone.

Untuk memulai proyek produksi lokal Vios/Yaris di tahun 2014 yang lalu, Toyota menggelontorkan investasi sebesar 2,5 triliun rupiah. Selain penanaman investasi, lokalisasi dan ekspor Vios/Yaris memberikan efek domino bagi rantai suplai industri otomotif Indonesia. Sebanyak 63 pemasok lapis pertama terlibat dalam kegiatan produksi serta ekspor 2 model kendaraan ini. Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) Vios/Yaris kini telah mencapai 75%.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini