nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Risiko Gunakan Tambahan Bagasi Buatan Bagi Pemudik Motor

Mufrod, Jurnalis · Senin 03 Juni 2019 12:08 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 03 15 2063326 ini-risiko-gunakan-tambahan-bagasi-buatan-bagi-pemudik-motor-bx11MdWdI4.jpg Mudik gunakan sepeda motor (foto: Ist)

JAKARTA - Mudik menggunakan sepeda motor, terus menjadi transportasi yang menjadi pilihan bagi sebagian pengendara untuk menuju kampung halamannya. Barang melebihi kapasitas juga tetap dibawa dengan berbagai cara.

Banyak pengendara motor yang menambahkan dudukan tambahan menggunakan kayu dibagian belakang sepeda motor untuk menaruh barang bawaan yang cukup banyak. Cara ini bahkan menjadi trend dan dilakukan banyak pengendara motor yang mudik.

 

Menggunakan tambahan kayu sebagai bagasi di sepeda motor menurut Instruktur Safety Riding DAM Asep Wawan, dinilai sangat membahayakan terlebih untuk melakukan perjalanan jauh. Menurutnya bobot kendaraan dengan tambahan dudukan dibelakang sepeda motor akan bertumpu dibelakang.

"Sepeda motor yang digunakan untuk mudik tidak disarankan membawa barang-barang terlalu banyak, apalagi ditambahkan dengan dudukan barang ke belakang kendaraan melebihi spakbor roda belakang sangat bahaya," ungkap Wawan dalam keterangan resminya yang diterima Okezone.

 

Dudukan tambahan yang digunakan banyak pemudik sangat berisiko terhadap kecelakaan, karena bobot kendaraan lebih berat kebelakang dan tidak stabil. Pengendara akan sulit mengendalikan sepeda motor saat menghantam lubang atau gundukan.

"Hal tersebut membuat bobot kendaraan cenderung berat ke belakang, sehinggan setang kemudi menjadi sulit untuk dikendalikan dan lampu rem akan tertutup barang. Perhatikan juga kapasitas daya angkut sepeda motor agar tidak mengganggu pengoperasian sepeda motor ketika digunakan saat mudik sehingga terhindar dari kecelakaan,” pungkasnya.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini