nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Transportasi Massal Canggih Siap Masuk Bandung

Mufrod, Jurnalis · Sabtu 08 Juni 2019 13:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 08 15 2064455 transportasi-massal-canggih-siap-masuk-bandung-cUJzupYQ9i.jpg autonomous Rapid Transit (Foto: Ist)

BANDUNG - Pemerintah Kota Bandung tengah mempertimbangkan hadirnya kendaraan yang akan menjadi alat transportasi massal seperti yang diterapkan di Jakarta yang dijadikan sebagai alat transportasi publik sebagai salah satu strategi kurangi kemacetan.

Alat transportasi massal bernama Autonomous Rapid Transit (ART) yang dikembangkan perusahaan asal Tiongkok ini akan menjadi pilihan pemerintah Bandung sebagai kendaraan angkutan massal. Meski berasal dari China, namun ART ini tidak seperti MRT yang dibangun di Jakarta.

 

Pasalnya kendaraan yang juga mirip dengan kereta ini, berjalan tanpa menggunakan rel. Sistem integrasi jalur yang dibutuhkan hanya sebatas garis, dimana kendaraan akan berjalan sesuai dengan jalur garis yang telah dibuat. Sistem pada komputen akan terkoneksi langsung dengan garis jalur tersebut.

Hal inilah yang membuat Pemerintah Kota Bandung mendatangkan ART sebagai angkutan massal. Karena tak perlu membangun infrastruktur berupa rel layaknya MRT ataupun KRL yang juga kini telah menjadi alat transportasi massal.

 

Pemerintah kota Bandung sendiri akan menggandeng KAI sebagai perusahaan yang akan mengoperasikan ART bagi warga kota Bandung. ART ini menggunakan baterai listrik sebagai basis tenaga penggeraknya, sistem pengisian dilakukan selama pemberhentian di setiap stasiun, dimana pengisian selama 10 menit mampu menempuh jarak 2,5 kilometer.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini