Share

Pemerintah Siap Luncurkan Bahan Bakar B30 untuk Mesin Diesel

Mufrod, Jurnalis · Kamis 13 Juni 2019 16:14 WIB
https: img.okezone.com content 2019 06 13 15 2066096 pemerintah-siap-luncurkan-bahan-bakar-b30-untuk-mesin-diesel-DHLvFlJrIh.jpg Bahan bakar biodiesel (foto: Ist)

JAKARTA - Langkah pemerintah membangun kemandirian terhadap stok produksi kelapa sawit yang ada di Indonesia saat ini, terus diperkuat dengan hadirnya bahan bakar solar  yang memiliki campuran minyak sawit dengan kandungan yang berbeda-beda prosentasenya. Seperti bahan bakar B30 yang siap diluncurkan.

Bahan bakar B30 atau bahan bakar dengan kandungan minyak sawit sebesar 30 persen siap diluncurkan pemerintah. Meski memiliki campuran minyak sawit yang lebih banyak dari B20 yang sudah dipasarkan, pemerintah menjamin kualitas terhadap bahan bakar terbarunya tersebut.

 bahan bakar b30

Ditemui di sela peluncuran giat road test ini, Kepala BPPT Hammam Riza menuturkan pihaknya mempunyai tugas dan fungsi melaksanakan tugas pemerintahan di bidang pengkajian dan penerapan teknologi melalui unit kerja BT2MP (Balai Teknologi Termodinamika Motor dan Propulsi) dan BTBRD (Balai Teknologi Bahan bakar dan Rekayasa Disain).

“BTBRD memastikan handling dan penyimpanan bahan bakar uji agar bebas kontaminasi, melaksanakan quality control dan monitoring kualitas bahan bakar selama kegiatan road test,” paparnya.

Karenanya ia menegaskan, pengujian akan terus dilakukan untuk mengetahui pengaruh bahan bakar uji (B30) terhadap unjuk kerja, emisi dan konsumsi bahan bakar serta pengaruh jangka panjang dari bahan bakar uji terhadap parameter tersebut.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini