nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tesla Pangkas Produksi Mobil Listrik Seri 3, Ini Penjelasannya

Mufrod, Jurnalis · Rabu 19 Juni 2019 08:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 19 15 2068113 tesla-pangkas-produksi-mobil-listrik-seri-3-ini-penjelasannya-tUIvWTJRtr.jpg Mobil listrik Tesla Model 3 (foto: Ist)

LOS ANGELES - Tesla secara diam-diam menghentikan produksi salah satu varian model 3. Perusahaan asal California, Amerika Serikat itu tidak lagi membuat Model 3 LR RWD, yang diperkenalkan sejak 2017 lalu.

Model tersebut memiliki jarak tempuh sejauh 523 kilometer dengan sistem kemudi roda belakang (RWD). Kendaraan ini bisa mencapai kecepatan 225 kilometer per jam. Selain itu, varian tersebut mampu berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam 4,9 detik.

Hal itu menjadikan model 3 LR RWD sangat diminati konsumen karena kemampuan yang terbilang sebanding dengan banderol harganya. Sayang, kini konsumen Tesla tidak lagi memiliki opsi untuk mendapatkan model tersebut. Varian seri 3 termurah sendiri dijual seharga USD35 ribu (sekitar Rp500,5 juta).

 Mobil Listrik Tesla Model 3

Masih tersedia dua pilihan dalam daftar model 3 yang dijual saat ini bagi para konsumen. Yakni, varian standar dengan jarak tempuh 350 kilometer juga opsi jarak jauh dengan sistem kemudi roda depan (AWD). Tesla tercatat sudah menjual lebih dari 164 ribu mobil model 3 di Amerika Serikat berdasar rilis pada Maret lalu.

Alasan terbesar di balik penghentian produksi varian itu diperkirakan menyangkut penyederhanaan proses produksi di pabrik Tesla. Keputusan untuk mengurangi satu varian dari daftar jual akan mengurangi beban kerja produksi dalam beberapa waktu ke depan.

Perakitan produk Tesla sendiri, termasuk model S dan X, di Amerika Serikat terpusat pada pabrik mereka di Fermont, California. Fasilitas tersebut mulai digunakan sejak 2012 dan kini memiliki total sekitar 10 ribu karyawan.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini