nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Motor Elektrik Pertama India, RV400, Siap Dipesan Pekan Depan

Medikantyo, Jurnalis · Rabu 19 Juni 2019 11:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 19 15 2068120 motor-elektrik-pertama-india-rv400-siap-dipesan-pekan-depan-VIWUW0o7lE.jpg Motor listrik (foto:Ist)

NEW DELHI - Produsen motor elektrik asal India, Revolt, mulai membuka pemesanan pada 25 Juni mendatang. Sementara, pada Selasa (18/6/2019) ini, mereka mengumumkan model perdana pabrikan tersebut RV400. Calon konsumen bisa dapat memesan motor tersebut pada pekan depan. Meski, Revolt baru menyatakan daftar harga kendaraan mereka pada pertengahan Juli mendatang.

Model RV400 memiliki misi sebagai kendaraan roda dua dengan teknologi tinggi pertama asal India. Bahkan, Revolt ingin sepeda motor rilisan mereka memiliki keunggulan di berbagai aspek dengan kendaraan roda dua konvensional rilisan pabrikan lain. Bahkan, mereka memiliki ide untuk menempatkan koneksi dengan telepon pintar dan sistem Artificial Intelligence (AI).

Motor ini diklaim dapat melaju sejauh 156 kilometer dengan paket baterai yang sudah mendapat sertifikasi dari badan industri otomotif India, ARAI. Sebagai perbandingan awal, tenaga serta performa yang dikeluarkan dari model rilisan awal dari Revolt ini dapat diadu dengan kendaraan roda dua bermesin bensin dengan kapasitas mesin 125 cc.

Teknologi Electronic Control Teknologi electronik control unit (ECU) dari RV400 menurut Revolt sepenuhnya diproduksi oleh tenaga asal India. Sementara, mereka masih mendatangkan komponen baterai dan onderdil penting dari produsen lain. Uniknya, baterai yang menjadi sumber tenaga utama motor ini dapat diganti dengan unit lain untuk dilakukan isi daya ulang.

Dibutuhhkan waktu sekitar empat jam untuk mengisi penuh daya baterai RV400. Bahkan, Revolt mengatakan baterai motor produksi mereka dapat diisi melalui saluran listrik di rumah tinggal konsumen. Terdapat dua varian warna dari model RV400 yang akan dilepas untuk pasar India yakni Rebel Red dan Cosmic Black.

Revolt turut menawarkan pelayanan secara maksimal kepada konsumen. Layanan yang bisa didapat termasuk pengecekan masalah kendaraan oleh teknisi dari jarak jauh, pengantaran baterai pengganti hingga ke rumah konsumen, hingga update piranti lunak secara online. Aplikasi bagi pengguna motor RV400 sendiri dapat memuat tentang riwayat perjalanan hingga jarak tempuh kendaraan secara total.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini