Motor dan Skuter Jadi Solusi Kemacetan di Brussel

Medikantyo, Jurnalis · Jum'at 21 Juni 2019 14:30 WIB
https: img.okezone.com content 2019 06 21 15 2069179 motor-dan-skuter-jadi-solusi-di-brussels-81ropLeCTd.jpg Warga Brussels gunakan motor (foto: Ist)

BRUSSELS - Masalah kemacetan tidak lepas dari keseharian masyarakat Brussels, Belgia. Federasi Kendaraan Bermotor Belgia (FEBIAC) kemudian menyarankan warga setempat untuk beralih menggunakan sepeda motor dan skuter dibanding mengendarai mobil. FEBIAC merasa perlu mengeluarkan saran secara terbuka untuk menekan tingkat kemacetan di ibukota Belgia itu.

Kebanyakan warga Bermotor Belgia sendiri mengendarai motor dan skuter untuk kegiatan santai di akhir pekan. FEBIAC merasa pilihan menggunakan kendaraan roda dua untuk berkegiatan sehari-hari dapat memberi ruang lebih di jalanan Brussels. Bahkan, lembaga itu ingin menyarankan hal yang sama pada warga di kota-kota besar Belgia lainnya.

 Motorcycle

Anjuran dari FEBIAC tidak hanya berlaku pada pengendara untuk menggunakan motor dan skuter di hari kerja. Lembaga itu juga menyarankan pemerintah setempat untuk menyediakan fasilitas pendukung seperti lokasi parkir. Bahkan, mereka juga berharap bagi sejumlah perkantoran untuk menyediakan fasilitas penitipan helm bagi para pengendara tersebut.

Brussels tercatat berada di peringkat ke-16 dalam indeks kemacetan lalu-lintas di kota besar Eropa. Tingkat kemcaetan rata-rata di wilayah itu mencapai 39 persen pada 2018. Angka kemacetan pada hari kerja dapat melonjak hingga mencapai 76 persen pada titik tertinggi. Akibatnya, warga kota itu bisa berkendara hingga dua kali lipat dari waktu tempuh normal.

Posisi indeks lalu lintas Brussels sendiri berada di atas, yang berarti lebih buruk, dari kota besar ternama lain di Eropa seperti Paris dan London. Sementara, dalam daftar untuk kota besar di seluruh dunia, Brussels menempati posisi ke-39. Posisi Brussels dalam indeks tersebut lebih buruk dari New York, Amerika Serikat dan ibukota Argentina, Buenos Aires.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini