nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nissan Bikin Mobil Listrik yang Siap Jadi Idola Anak-Anak

Medikantyo, Jurnalis · Sabtu 22 Juni 2019 10:29 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 22 15 2069550 nissan-bikin-mobil-listrik-yang-siap-jadi-idola-anak-anak-KoudMgTRE6.jpg Mobil listrik toko Nissan (foto: Ist)

LONDON - Ketatnya peraturan emisi yang berlaku di wilayah Eropa, khususnya Inggris membuat industri automotif global terus berupaya menghadirkan kendaraan ramah lingkungan dengan energi terbarukan. Meski membutuhkan investasi besar dalam pengembangannya, namun hal tersebut dinilai sebagai peluang bagi produsen Nissan menghadirkan berbagai jenis mobil ramah lingkungan.

Nissan sendiri tak hanya menawarkan mobil penumpang dan niaga, salah satu kendaraan ramah lingkungan yang digunakan untuk usaha atau dikenal dengan mobil toko (moko) dikembangkan Nissan. Menggunakan model e-NV200 yang sudah dapat dipesan secara umum oleh konsumen di Inggris. Mobil ini akan menjadi model yang banyak disukai oleh anak-anak, karena dijadikan sebagai kendaraan penjual es krim.

 Nissan moko

Untuk membangun kendaraan tersebut, Nissan bekerjasama dengan produsen eskrim asal Skotlandia, Mackie’s, yang juga memproduksi es krim dengan prinsip ramah lingkungan. Moko tersebut dilengkapi mesin pembuat es krim, lemari pendingin, serta panel tenaga surya sebagai sumber energi utama. Kendaraan tersebut dikabarkan dapat menembuh jarak hingga 186 kilometer.

Daily Mail menyebut inovasi dari Nissan ini dapat membantu pedagang es krim reguler yang mengalami dampak atas peraturan ULEZ di wilayah Inggris. Kebanyakan dari mereka masih menggunakan moko yang menggunakan mesin diesel dan belakangan mendapat pungutan pajak emisi tinggi dari pemerintah setempat.

Nissan sendiri melepas model e-NV200 pada harga 32,700 paun atau sekitar Rp585 juta. Namun, belum ada keterangan apakah harga tersebut sudah termasuk dengan pilihan untuk memodifikasi kendaraan itu untuk model dagangan yang berbeda. Selain harga dan tenaga elektrik, moko buatan Nissan tampil dengan desain yang lebih elegan dibandingkan moko penjual es krim reguler.

Model e-NV200 sendiri dikabarkan memiliki kapasitas baterai utama hingga 40 kWh. Baterai tersebut dapat ditambah daya dengan tiga alternatif cara. Baik menggunakan fasilitas fast charging milik Nissan yang sudah tersedia di Inggris, melalui saluran pengisian daya umum setempat, hingga mengambil daya dari soket biasa di rumah. Durasi pengisian beragam mulai dari 7,5 hingga 21 jam hingga baterai penuh.

Keberadaan panel surya pada atap moko tersebut berada dalam aliran terpisah dari mesin elektrik yang digunakan untuk memberi tenaga pada mobil. Sehingga, produksi es krim tidak akan menganggu penggunaan baterai utama yang dipakai untuk menggerakkan moko tersebut. Tenaga dari panel surya pada atap mobil akan mengalir ke generator elektrik bertajuk Nissan ROAM yang mampu menjalankan seluruh lemari pendingin dan mesin pembuat es krim.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini