nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mobil Otonom Akan Menjadi Teknologi Andalan di Masa Mendatang

Medikantyo, Jurnalis · Minggu 23 Juni 2019 10:14 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 23 15 2069811

HOUSTON - Pemanfaatan teknologi mobil tanpa sopir di masa mendatang kini tengah gencar diperkenalkan kepada masyarakat dunia. Alih fungsi pengemudi akan tergantikan oleh teknologi autonomous, menjadi tawaran kemudahan kendaraan di masa mendatang.  Tak terkecuali sebuah perusahaan pizza Amerika Serikat yang juga akan memanfaatkan teknologi mobil tanpa sopir untuk pengantaran pizza ke konsumennya.

Namun perusahaan pizza tersebut tidak akan mengandalkan produsen mobil dunia, melainkan menggandeng perusahaan Nuro pengembang teknologi autonomous yang akan memasok teknologi mobil tanpa sopir tersebut.

Nuro akan merancang sejumlah kendaraan tanpa sopir untuk keperluan pengantaran pizza secara khusus. Setelah pengembangan tersebut selesai, seluruh mobil operasional pengantaran pizza dapat menggunakan mobil yang tersedia untuk melakukan pelayanan antar kepada pelanggan. Namun, belum ada keterangan mengenai kapan layanan tersebut akan resmi berjalan.

Mobil otonom

Tim yang mendirikan Nuro memiliki pengalaman pengembangan mobil tanpa sopir bersama Google. Mengutip dari gaadiwaadi, Nuro sudah sukses membuat layanan antar tanpa awak berupa robot di area wilayah Houston, Amerika Serikat. Proyek percobaan tersebut memenuhi pengantaran belanja barang kebutuhan sehari-hari warga setempat.

Hasil positif dari proyek percobaan tersebut menjadi dasar untuk bekerja sama dengan Nuro. Meski, saat ini Nuro baru memiliki enam kendaraan tanpa sopir dengan kode produksi R1. Selanjutnya mereka berniat melanjutkan produksi hingga memiliki 50 buah unit tipe R1.

Jejaring pizza ternama Amerika Serikat itu sebelumnya sudah memiliki rencana mengembangkan layanan antar dengan mobil tanpa sopir. Program percobaan tersebut sempat berjalan pada 2017 lalu dengan kerjasama dengan produsen raksasa, Ford.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini