nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jaguar Land Rover Tepis Lepas Kepemilikan dari Tata Motors

Medikantyo, Jurnalis · Minggu 23 Juni 2019 13:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 23 15 2069847 jaguar-land-rover-tepis-lepas-kepemilikan-dari-tata-motors-oye1e6sO5B.jpg Jaguar Land Rover (foto: Ist)

LONDON - Merek kendaraan premium Jaguar Land Rover (JLR) belum akan berpindah kepemilikan dalam waktu dekat. Pernayataan itu disampaikan oleh CEO JLR, Dr Ralph Speth, seperti dikutip oleh autoexpress.co.uk dalam sebuah kesempatan di Inggris. Speth sendiri mengakui pihaknya masih berjuang menghadapi kesulitan finansial.

Pernyataan tersebut mematahkan keinginan sejumlah rumor beberapa perusahaan untuk memiliki jenama JLR. Peugeot-Citroen, Fiat Chrysler, hingga Hyundai dikabarkan berniat membeli pabrikan itu agar dapat mendapat jalan memperoleh tempat di pasar mobil mewah. Namun, rumor tersebut tidak diiringi dengan penawaran secara nyata dari masing-masing pihak.

Speth bahkan menilai situasi keuangan sejumlah peminat tersebut tidak lebih baik dari JLR sendiri. Ia pun meyakinkan bahwa pabrikan pimpinannya masih berada dalam kepemilikan perusahaan asal India, TATA. "Simpelnya, Jaguar Land Rover tidak untuk dijual. Kami masih berada di bawah TATA dan meraih kesuksesan dengan penghargaan World Car Award tiga tahun terakhir," katanya.

 

Perusahaan induk JLR tersebut bahkan sudah memberi lampu hijau akan produksi beberapa produk baru di waktu mendatang. Termasuk varian Land Rover mini dan produk Jaguar edisi terkini. Rangkaian produk itu ditargetkan sebagai senjata JLR di pasar Inggris untuk jangka menengah dan panjang.

JLR sendiri mengalami kesulitan finansial usai mengeluarkan banyak dana untuk melakukan investasi mesin tenaga terbarukan. Hal ini menyusul penurunan penjualan kendaraan bermesin bensin dan diesel mereka di Inggris. Selain itu, sebagian besar kocek produsen digunakan untuk membangun pabrikan di berbagai wilayah demi mendukung pengembangan tersebut.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini