nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Produsen Mobil Ini Gunakan Limbah Botol Plastik untuk Produksi Komponen

Mufrod, Jurnalis · Senin 24 Juni 2019 13:49 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 24 15 2070184 produsen-mobil-ini-gunakan-limbah-botol-plastik-untuk-produksi-komponen-zUJvZlySqE.jpg Ford Ecosport (Foto: Ist)

 NEW YORK - Ford menjadi salah satu produsen automotif yang peduli lingkungan tak hanya soal emisi namun penggunaan material yang digunakan untuk memproduksi mobil. Salah satu material yang digunakan yakni limbah botol plastik.

Bahan limbah botol plastik tersebut kabarnya digunakan Ford untuk membuat karpet lantai pada mobilnya. Model yang menggunakan material limbah plastik tersebut, merupakan Ford Ecosport.

 Pabrik mobil Ford

Sejak diluncurkan pada tahun 2012, EcoSport "telah menyediakan masa pakai baru untuk lebih dari 650 juta botol 0,5 liter." Berat gabungannya adalah 8.262 metrik ton. Dengan penggunaan material ini, maka limbah botol plastik yang ada di bumi bisa terjaga dengan penggunaan ulang yang dilakukan For.

Ford mulai menggunakan plastik daur ulang di Mondeo lebih dari dua dekade lalu. Saat ini, 1,2 miliar botol didaur ulang oleh Blue Oval setiap tahun. "Kami telah lama menjalankan misi untuk meningkatkan proporsi bahan daur ulang dan terbarukan yang digunakan di setiap mobil baru yang kami buat," kata insinyur material Tony Weatherhead sep[erti dikutip dari Autoevolution, Senin (24/6/2019).

 

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana botol plastik berubah menjadi karpet untuk EcoSport, prosesnya dimulai dengan merobek-robek botol dan tutupnya menjadi serpihan. Pemanasan plastik hingga 260 derajat Celcius melelehkan bahan, yang kemudian dibentuk menjadi serat setipis rambut manusia. Akhirnya, serat dipintal menjadi benang, yang kemudian ditenun menjadi karpet crossover.

Untuk pasar Eropa, EcoSport diproduksi di pabrik Craiova di Rumania. Bekas benteng Daewoo dan Oltcit juga membuat mesin EcoBoost, dan sekitar tahun 2020, Puma akan bergabung dengan EcoSport di ruang pamer. Berbasis pada platform Fiesta, Puma mengambil namanya dari coupe roda depan.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini