nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kena Aturan Emisi, Ratusan Ribu Mobil Bekas Dibuang ke Polandia

Medikantyo, Jurnalis · Senin 24 Juni 2019 20:12 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 24 15 2070368 kena-aturan-emisi-ratusan-ribu-mobil-bekas-dibuang-ke-polandia-qLru3IeUdd.jpg Kendaraan dengan emisi tinggi (Foto: Ist)

BRUSSELS - Munculnya peraturan ketat terkait emisi gas buang kendaraan di Eropa ternyata menimbulkan masalah baru. Sejumlah produsen kebingungan melepas kendaraan baru maupun bekas yang tidak memenuhi standar emisi gas buang di sejumlah negara besar Eropa barat seperti Inggris dan Jerman.

Hal tersebut berakibat menumpuknya ekspor kendaraan menuju negara dengan peraturan yang lebih longgar terkait emisi seperti Polandia. Lembaga penelitian Transport&Environment bahkan mencatat sekitar 350 ribu kendaraan bekas bermesin diesel dan bensin diekspor menuju negara Eropa Timur itu selama tahun lalu.

Polandia sendiri menjadi negara pemasaran mobil terbesar di Eropa Timur. Di sisi lain, mereka memiliki kualitas udara terburuk di Eropa. Kendaraan bermesin diesel dianggap sebagai salah satu penyumbang pencemaran udara di negara tersebut. Bahkan, tingkat pencemaran Nitrogen Oksida (NOx) di Polandia mencapai 12 kali lipat ambang batas maksimal Uni Eropa.

 

Permasalahan ini muncul jelang pertemuan negara-negara Eropa mengenai teknologi mesin Diesel yang digelar di Brussels, November mendatang. Pertemuan ini akan lebih jauh membahas solusi pengembangan mesin diesel yang mengaspal di Eropa agar lebih ramah lingkungan.

Skandal manipulasi hasil uji emisi beberapa tahun lalu memunculkan wacana untuk menghentikan produksi mobil dengan bahan bakar fosil pada 2040. Namun, gagasan ini banyak mendapat tentangan dengan alasan berbeda. Selain respons negatif dari banyak perusahaan otomotif, aktivis lingkungan menilai kebijakan ini terbilang terlambat dan mengecewakan.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini