nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Torsi Mobil Listrik Lebih Besar Jadi Alasan Michelin Kembangkan Ban Khusus

Medikantyo, Jurnalis · Selasa 25 Juni 2019 16:27 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 25 15 2070715 torsi-mobil-listrik-lebih-besar-jadi-alasan-michelin-kembangkan-ban-khusus-wB4NGVcOsf.jpg Ban mobil listrik (foto: Ist)


MONTREAL - Perkembangan kendaraan listrik mengundang perhatian produsen ban, Michelin. Mereka menilai tipe ban konvensional saat ini dikhawatirkan tidak dapat memenuhi ekspektasi produsen mobil tersebut. Hal tersebut diungkapkan oleh petinggi bidang pengembangan Michelin, Eric Vinesse. Ia mengatakan minat Michelin untuk membuat produk ban khusus untuk pangsa pasar mobil elektrik di masa mendatang.

Penyebab utama dari kekhawatiran Michelin adalah perbedaan tenaga dari motor listrik pada mobil tipe tersebut dengan mesin bertenaga bensin atau diesel. "Salah satu hal yang menjadi pertimbangan adalah torsi tenaga dari motor listrik kendaraan bisa lebih besar dari mobil bermesin bensin atau diesel. Hal itu mendorong kami untuk membuat trek pada ban yang dapat menampung torsi tersebut," kata Vinesse seperti dikutip motoring.com.au awal pekan ini.

Faktor lain yang dapat menjadi pertimbangan bagi Michelin adalah perbedaan berat paket baterai dan motor listrik dari tiap pabrikan. Hal itu membuat ban yang digunakan harus menahan pembagian beban lebih besar dari penggunaan pada mobil bermesin bensin. "Ban model terbaru nanti dirancang agar tidak terlalu sensitif dengan perbedaan pembagian beban tersebut," ujar Vinesse.

 

Penggunaan ban yang tepat dapat berpengaruh pada performa optimal mobil listrik. Termasuk meningkatkan jarak tempuh serta penggunaan daya pada paket baterai motor listrik kendaraan tersebut. Michelin diperkirakan mencari material baru untuk mendukung inovasi produk terkini itu. "Produk ini bisa menjadi salah satu pembeda kami dari produsen lain di pasaran," kata Vinesse lagi.

Michelin sendiri berpengalaman memenuhi ekspektasi produk ban untuk mobil elektrik. Bahkan mereka menjadi penyuplai utama ban yang digunakan untuk ajang balap mobil elektrik Formula E Championship dan Jaguar I-PACE. Hal tersebut bisa menjadi sumber data utama bagi pengembangan model ban terbaru mereka.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini