nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sah! Mazda Jadi Produsen Pemegang Paten Mesin Rotary

Medikantyo, Jurnalis · Kamis 27 Juni 2019 10:57 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 27 15 2071488 sah-mazda-jadi-produsen-pemegang-paten-mesin-rotary-UktS32GAWf.jpg Mesin rotary Mazda (foto: ist)

TOKYO - Kabar positif diterima oleh Mazda dalam usaha memperoleh hak paten mesin rotary versi mereka. Ada kemungkinan tipe mesin ini menjadi sumber tenaga model penerus Mazda Rx-7 dan RX-8. Pengajuan paten mesin rotary dengan turbocharger itu sudah diajukan oleh produsen tersebut di Jepang sejak awal tahun ini.

Hal tersebut sejalan dengan keinginan Mazda yang secara terbuka berniat membangun mesin rotary ke pasar dalam waktu dekat. Salah satu sasaran dari pengembangan mesin Mazda ini adalah tercapainya angka efisiensi bahan bakar. Sehingga, model tersebut dapat diterima oleh pasar dalam jangka panjang.

Seperti dikutip oleh Carscoops.com, penerjemahan dari aplikasi paten dari Mazda itu memuat detail bentuk dan komponen mesin mereka. Termasuk adanya inovasi pada poros mesin yang memberi pengaruh peningkatan efisiensi bahan bakar dibandingkan dengan mesin hasil pengembangan Mazda sebelumnya.

 Mesin rotary

Terwujudnya harapan Mazda dalam penelitian mesin rotary terbaru ini seperti memunculkan potensi penggunaannya pada model lain secara luas. Bahkan tidak menutup kemungkinan prinsip pengembangan yang sama digunakan dalam pembangunan model motor mobil listrik mereka nantinya.

Konsep pengembangan visi model RX sendiri sudah tertunda sejak 2015 lalu. Dua tahun berikutnya Kepala Pusat Pengembangan Mazda, Kiyoshi Fujiwara, sempat mengungkap bahwa produksi masal model RX akan segera jadi kenyataan. Kini, dengan terdaftarnya paten mesin terbaru Mazda, hal itu mungkin benar-benar terwujud.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini