nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Forum Wartawan Otomotif Jaga Profesionalitas & Tantangan di Era Disrupsi

Mufrod, Jurnalis · Minggu 30 Juni 2019 22:38 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 30 15 2072916 forum-wartawan-otomotif-jaga-profesionalitas-tantangan-di-era-disrupsi-4gUcyqhSbB.jpg Ketua Umum Forwot Indra Prabowo (foto: Ist)

BOGOR - Ditengah perubahan teknologi yang semakin cepat tak hanya dirasakan pada industri automotif saja, media dimana banyak anggota Forum wartawan otomotif (forwot) bekerja juga dituntut untuk bergerak cepat terhadap perubahan yang terjadi dalam penyampaian informasi. Kondisi tersebut tak lepas dari banyaknya masyarakat menggeser aktivitas di dunia nyata ke dunia maya.

Tantangan inilah yang kemudian, membuat Forwot mempersiapkan para anggotanya melalui workshop bertema ‘Menjaga Sikap Profesionalitas & Menjawab Tantangan di Era Disrupsi’. Workshop tersebut merupakan kegiatan yang dilaksanakan sebagai bagian dari perayaan ulang tahun ke-16 Forwot yang dilaksanakan pada Sabtu-Minggu (29-30/6/2019) di kawasan Ciawi, Bogor, Jawa Barat.

 Forum wartawan otomotif rayakan HUT ke-16

“Melihat perkembangan teknologi informasi hari ini, khususnya serangan informasi dari sosial media, menuntut setiap jurnalis untuk beradaptasi dan selalu kreatif. Dengan pelatihan ini, diharapkan para anggota FORWOT mampu meningkatkan kreatifitasnya tanpa mengesampingkan kode etik dan tetap menjaga profesionalitas dan idealisme,” ujar Ketua Umum FORWOT, Indra Prabowo, Sabtu (29/6/2019).

Perkembangan industri media yang terus meluas serta persaingan, menuntut para anggota Forwot untuk bisa memenuhi informasi khususnya industri automotif dengan perubahan yang harus disesuaikan dengan karakter masyarakat saat ini. Baik dalam hal penyajian informasi gaya milenial hingga kecepatan yang bertarung dengan citizen jurnalism yang banyak memanfaatkan media sosial untuk memposting berbagai informasi.

 

Sayangnya, tak banyak juga media sosial dimanfaatkan untuk menyebarkan informasi yang tak tervalidasi dengan benar sehingga membuat berita kebohongan menjadi konsumsi publik yang tidak sehat. Dengan hadirnya workshop ini, Forwot berharap para anggota mampu mengimbangi dan menjadi pekerja media yang profesionalitas ditengah era disrupsi yang tengah terjadi saat ini.

Sekira 60 jurnalis/wartawan dari berbagai media online, cetak, dan elektronik mengikuti kegiatan workshop HUT FORWOT ke-16. Mereka langsung diajak mempraktikkan ilmu tersebut dalam kompetisi foto, video, dan karya tulis jurnalistik.

Puncak acara perayaan ulang tahun ke-16 FORWOT dilanjutkan dengan menggelar makan malam dan ramah tamah yang dihadiri oleh para tamu dari perwakilan pelaku industri otomotif Tanah Air, pengurus dan anggota FORWOT, serta ditandai dengan pemotongan kue ulang tahun dan pembacaan doa bersama.

 

Puluhan stakeholder di sektor industri otomotif nasional mendukung penuh kegiatan HUT ke-16 FORWOT. Diantaranya PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), PT Sokonindo Automobile, Wuling Motors, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), PT Pertamina (Persero), PT Dyandra Promosindo, PT Toyota Motors Manufacturing Indonesia (TMMIN), PT Toyota Astra Motor (TAM, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), PT Astra Daihatsu Motor (ADM), PT Astra Honda Motor (AHM), Kymco, Federal Lubricants, PT Adira Insurance, Pegadaian, Astra Otoparts, PT Mandiri Tunas Finance (MTF), dan IRC Tire.

Aksi Peduli FORWOT dalam Program Andhum Kaharsa Perayaan HUT ke-16 FORWO juga ditandai dengan aksi sosial sebagai bentuk kepedulian kepada anggotanya.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini