nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sejarah Kehadiran Oplet sebagai Angkutan Massal Jakarta

Medikantyo, Jurnalis · Selasa 02 Juli 2019 19:35 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 02 15 2073791 sejarah-kehadiran-oplet-sebagai-angkutan-massal-jakarta-2RGE3qUMMA.jpg Oplet Morris Minor 1000 (foto: Ist)

JAKARTA - Gambaran oplet dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan yang tayang pada dekade 1990an merupakan moda angkutan umum jarak pendek di wilayah pingggiran kota. Kondisi mobil yang terlihat usang membuatnya sering mengalami mogok saat dikendarai keluarga Doel yang diperankan Rano Karno.

Kendaraan klasik itu tercatat pernah menjadi angkutan umum andal di pusat kota Jakarta. Tepatnya melayani rute dari Jatinegara dan Tanah Abang menuju kawasan Kota. Populasinya bahkan meningkat seiring penghapusan trem sebagai alat transportasi pada 1960an.

 

Sebutan oplet sendiri tidak terbatas bagi kendaraan umum berbasis Morris Minor seperti milik keluarga Doel. Terdapat juga gubahan kendaraan lain seperti dari pabrikan Chevrolet hingga model kendaraan Jeep Willys. Rata-rata kendaraan ini dimiliki oleh pengusaha kecil yang menyewakannya kepada para supir.

Kebijakan penghapusan oplet muncul usai adanya inisiatif empat kategori dari Gubernur DKI Jakarta era 1970an, Ali Sadikin. Empat kategori angkutan umum warga DKI dalam pandangannya adalah Kereta Api, Bus, Taksi, dan angkutan kecil beroda tiga seperti becak dan bemo. Hal itu menjadi dasar bagi pemerintahannya meniadakan kehadiran oplet.

 

Secara resmi penghapusan oplet dikemas menjadi kebijakan peremajaan dengan terbitnya peraturan mengenai operasional mikrolet. Hingga pada akhirnya posisi oplet semakin terpinggir dan menjadi kendaraan angkut wilayah pinggiran Jakarta pada 1990an.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini