nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hari Ini Aturan Pengendara Bermain Ponsel Diterapkan

Mufrod, Jurnalis · Rabu 03 Juli 2019 08:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 03 15 2073951 hari-ini-aturan-pengendara-bermain-ponsel-diterapkan-KRDdIXJbkQ.jpg Tilang elektronik di jalan raya (foto: Okezone)

JAKARTA - Aturan bermain ponsel saat tengah berkendara hari ini akan diterapkan, seluruh pengendara yang bermain ponsel akan dikenakan sanksi aturan hukum yang telah ditetapkan. Sistem penindakannya sendiri akan menggunakan program Electronic Law Enforcemen (E-TLE) atau tilang menggunakan kamera yang telah terpasang di beberapa titik jalan utama di Jakarta.

Sistem penindakan tilang ini sering disebut dengan tilang elektronik dimana penindakan akan berdasarkan pengamatan jarak jauh yang dilakukan petugas menggunakan kamera CCTV. Setidaknya terdapat 10 kamera E-TLE yang ditempatkan di 10 titik sepanjang jalan Sudirman-Thamrin.

 tilang elektronik

"Yang akan diterapkan pada Juli 2019 adalah penambahan titik lokasi dan jenis pelanggaran lalu lintas," kata Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Muhammad Nasir dalam keterangan tertulisnya, Senin (1/7/2019).

Kamera elektronik terbaru yang digunakan akan ditingkatkan kemampuannya dalam mendeteksi pelanggaran yang terjadi di jalan raya. Jika sebelumnya kamera hanya mendeteksi pelanggaran marka dan rambu di jalan raya. Teknologi kamera terbaru akan mendeteksi pengendara yang menggunakan hp, tidak menggunakan sabuk pengaman di jalan raya.

 

Aturan terkait pengendara menggunakan ponsel sendiri telah diatur melalui Undang-undang No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) karena dinilai dapat mengganggu konsentrasi saat berkendara.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini