nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pengemudi Tak Gunakan Sabuk Pengaman Bisa Terpantau Kamera E-TLE

Mufrod, Jurnalis · Rabu 03 Juli 2019 08:27 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 03 15 2073955 pengemudi-tak-gunakan-sabuk-pengaman-bisa-terpantau-kamera-e-tle-mVAwS4Oh5j.jpg Tilang elektronik di jalan raya (foto: Okezone)

JAKARTA - Penerapan aturan tilang elektronik atau Electronic Law Enforcement (E-TLE) akan diterapkan hari ini, tak hanya pengendara yang bermain ponsel bisa dideteksi kamera E-TLE, pengemudi yang tak menggunakan sabuk pengaman juga bisa terpantau melalui kamera yang telah terpasang di beberapa jalan utama ibukota Jakarta.

Jika sebelumnya kamera pantau hanya mampu mendeteksi adanya pelanggaran rambu lalu lintas, marka jalan dan pelanggaran lainnya. Kini fitur baru yang terdapat di kamera E-TLE pemantau lebih canggih, dimana kamera mampu mendeteksi pengemudi yang tidak menggunakan sabuk pengaman saat di dalam mobil. Aturan penggunaan sabuk pengaman sendiri berlaku bagi pengemudi maupun penumpang mobil.

 Petugas pantau pelanggar lalu lintas

"Yang akan diterapkan pada Juli 2019 adalah penambahan titik lokasi dan jenis pelanggaran lalu lintas," kata Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Muhammad Nasir dalam keterangan tertulisnya, Senin (1/7/2019).

Sebagaimana diketahui, E-TLE sendiri sebenarnya sudah diterapkan sejak 1 November 2018. Namun, kamera pada penerapan ETLE sebelumnya hanya dilengkapi fitur pelanggaran rambu, marka jalan, dan traffic light.

 

"Yang baru fitur tambahannya adalah pemakaian seat belt (sabuk pengaman), penggunaan telefon genggam oleh pengemudi, nomor pelat ganjil genap, dan batas kecepatan pengemudi," ujar dia.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini