nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Jeroan Mesin Oplet "Si Doel" Gunakan Perangkat Mini Cooper 2013

Medikantyo, Jurnalis · Rabu 03 Juli 2019 09:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 03 15 2073958 mengenal-jeroan-mesin-oplet-si-doel-gunakan-perangkat-mini-cooper-2013-eIWdrABa55.jpg Morris Minor 1000 (foto: Ist)

JAKARTA - Kendaraan oplet yang sempat naik daun dengan penampilannya di sinetron Si Doel Anak Sekolahan, tidak lepas dari sentuhan modifikasi. Rano Karno mengaku salah satu perubahan tersebut terletak pada bagian mesin mobil.

Rano mengaku hanya mengganti bagian mesin bagian blok bawah oplet tersebut demi menjaga keotentikannya. Sementara bagian permukaan atas mesin masih menggunakan komponen dari model aslinya Morris Minor. "Untuk bagian komponen lain berasal dari mesin Mini Cooper edisi 2013," ujarnya.

oplet si doel

Aktor 58 tahun tersebut mengungkapkan harus mendatangkan rangkaian mesin itu dari Surabaya. Pasalnya, ia merasa komponen mesin oplet tersebut sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya dalam memodifikasi kendaraan klasik tersebut. "Harga mesin termasuk ongkos pengirimannya mencapai Rp16 juta," ujar Rano.

Rano sendiri mengaku tidak memiliki minat untuk memoles kendaraan yang ia peroleh dengan harga Rp525 ribu tersebut. Namun, dengan selesainya pengambilan gambar sinetron Si Doel Anak Sekolahan membuat dirinya berencana memugar kondisi kendaraan tersebut secara serius.

 

Ia menjelaskan selain mesin, dirinya terlibat secara langsung dalam memperbaiki kondisi bodi kendaraan antik itu. "Rumah saya dulu memiliki kelengkapan untuk memodifikasi mobil hingga teknisi bagian las, cat, dan ketok bodi," ujarnya.

Pria yang juga pernah menjabat sebagai Wakil Bupati Tangerang itu berseloroh pernah memperoleh tawaran sebesar Rp1 miliar untuk melepas oplet tersebut. Namun, karena alasan historis ia enggan menjual kendaraan tersebut kepada siapapun. "Hal itu menandakan apresiasi tinggi pada oplet ini dari sesama penggemar otomotif," ujarnya.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini